Pengertian Neraca Pembayaran

Pengertian neraca pembayaran dalam Balance of Payments Manual (BPM) yang diterbitkan oleh IMF (1993), adalah: “A statement that systematically, for spesific time period, the economic transactions of an economic with the rest of the world. Transactions, for the most part between residents and nonresidents, consist of those involving goods, services and income; those involving financial claim on assets and liabilities to, the rest of the world; and those (such gift) classified as transfers which involve offsetting entries to balance in an accounting sense – one set transactions.”
Selanjutnya Hady (2001) mendefenisikan balance of payment (BOP) adalah suatu catatan yang disusun secara sistematis tentang seluruh transaksi ekonomi yang meliputi perdagangan barang/jasa, transfer keuangan dan moneter antara penduduk (resident) suatu negara dan penduduk luar negeri (rest of the world) untuk suatu periode waktu tertentu, biasanya satu tahun.Neraca pembayaran adalah suatu catatan yang sistematis mengenai transaksi ekonomi yang dilakukan oleh penduduk (residen) suatu negara dengan penduduk negara lainnya (non residen) dalam jangka waktu tertentu (Sugiyono, 2002). 
Dengan kata lain neraca pembayaran mencatat nilai barang dan jasa serta volume modal netto  yang masuk dan keluar dari suatu negara untuk suatu periode tertentu, biasanya dua belas bulan (Jackson, 2009).
Aplikasi serta interpretasi dari neraca pembayaran berpokok pada dua hal:
  1. Pertama, neraca pembayaran mencakup baik barang dan jasa akhir maupun antara(intermediate). 
  2. Kedua, ketidakseimbangan dalam neraca pembayaran mencerminkan surplus dan defisit,bukannya untung dan rugi. Hal ini ukuran neraca pembayaran mencatat arus masuk keluarbarang, jasa dan kapital untuk satu negara, bukannya syarat – syarat mengenai arus barang, jasa dan kapital tersebut.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar