Pengertian Motor Bakar

Pengertian motor bakar adalah salah satu jenis dari mesin kalor, yaitu mesin yang mengubah energi termal untuk melakukan kerja mekanik atau mengubah tenaga kimia bahan bakar menjadi tenaga mekanis. Energi diperoleh dari proses pembakaran, proses pembakaran juga mengubah energi tersebut yang terjadi didalam dan diluar mesin kalor (Kiyaku dan Murdhana, 1998).
Ada dua jenis mesin kalor dilihat dari cara kerjanya yaitu:
Mesin pembakaran dalam atau sering disebut juga sebagai internal combustion engine (ICE)
Mesin pembakaran dalam atau sering disebut juga sebagai internal combustion engine (ICE), yaitu dimana proses pembakarannya berlangsung di dalam motor bakar itu sendiri sehingga gas pembakaran yang terjadi sekaligus berfungsi sebagai fluida kerja. Hal-hal yang dimiliki pada mesin pembakaran dalam yaitu:
  1. Pemakaian bahan bakar irit 
  2. Berat tiap satuan tenaga mekanis lebih kecil. 
  3. Konstruksi lebih sederhana, karena tidak memerlukan ketel uap,condenser dan sebagainya.
Mesin pembakaran luar atau sering disebut juga sebagai eksternal combustion engine (ECE)
Mesin pembakaran luar atau sering disebut juga sebagai eksternal combustion engine (ECE), yaitu dimana proses pembakarannyaterjadi di luar mesin.
Hal-hal yang dimiliki pada mesin pembakaran luar yaitu:
  1. Dapat memakai semua bentuk bahan bakar. 
  2. Dapat memakai bahan bakar yang bermutu rendah. 
  3. Cocok untuk melayani beban-beban besar dalam satu poros.d. lebih cocok dipakai untuk daya tinggi
Pada motor bakar torak tidak terdapat proses pemindahan kalor gas pembakaran ke fluida kerja, karena itu jumlah komponen motor bakar sedikit, cukup sederhana, lebih kompak, dan lebih ringan dibandingkandengan mesin pembakaran luar (mesin uap). Karena itu pula penggunaan motor bakar sangat banyak dan menguntungkan. Penggunaan motor bakar dalam masyrakat antara lain adalah dalam bidang transportasi, penerangan,dan sebagainya
Motor bakar torak menggunakan silinder tunggal atau beberapa silinder. Salah satu fungsi torak disini adalah sebagai pendukung terjadinya pembakaran pada motor bakar. Tenaga panas yang dihasilkan dari pembakaran diteruskan torak ke batang torak, kemudian diteruskan ke poros engkol yang mana poros engkol nantinya akan diubah menjadi gesekan putar.
Motor bakar terbagi menjadi 2 (dua) jenis utama, yaitu motor diesel dan motor bensin. Perbedaan umum terletak pada sistem penyalaan. Penyalaan pada motor bensin terjadi karena loncatan bunga api listrik yang dipercikan oleh busi atau juga sering disebut juga spark ignition engine. Sedangkan pada motor diesel penyalaan terjadi karena kompresi yang tinggi di dalam silinder kemudian bahan bakar disemprotkan oleh nozzle atau juga sering disebut juga Compression Ignition Engine.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال