Pengertian Mobilitas Sosial

Pengertian Mobilitas Sosial berasal dari kata Mobilis, yang artinya mudah bermobilitas atau mudah dipindahkan. Mobilitas sosial (Social Mobility) dalam struktural sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial. Skruktur Sosial mencakup sifat-sifat hubungan antara individu dalam kelompok dan hubungan individu dengan kelompoknya. Struktur berfungsi sebagai pengawasan sosial, yaitu penekan kemungkinan-kemungkinan pelanggaran terhadap norma-norma dan peraturan sehingga disiplin dalam kelompok cenderung dipertahankan. Mobilitas Sosial terjadi pada semua masyarakat meskipun dengan kecepatan berbeda-beda , sesuai dengan system yang diterapkan dalam masyarakat.
Menurut Horton dan Hunt, mobilitas sosial dapat diartikan sebagai suatu gerakan perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya. Mobilitas sosial juga dapat berupa peningkatan atau penurunan dalam segi status sosial dan biasanya termasuk pula dari segi penghasilan yang dapat dialami oleh beberapa individu atau keseluruhan anggota kelompok (Narwoko, 2004).
Berikut adalah definisi – definisi Mobilitas Sosial yang dikemukakan oleh beberapa ahli sosiologi.
  1. William Kornblum (1988). Mobilitas Sosial adalah perpindahan individu, keluara dan kelompok sosialnya dari satu lapisan sosial ke lapisan sosial lainnya 
  2. Michael S. Bassis (1988). Mobilitas Sosial adalah perpindahan ke atas atau bawah lingkungan sosial ekonomi yang mengubah status sosial seseorang dlam masyarakat.
Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa mobilitas sosial menyangkut tiga hal pokok sebagai berikut:
  • Dialami oleh manusia sebagai individu maupun kelompok 
  • Perubahan kelas sosial , baik ke atas maupun kebawah 
  • Terjadi dampak sosial terhadap kelas sosial yang diperoleh individu dan kelompok
Jadi Pengertian Mobilitas adalah suatu perubahan atau perpindahan kelas sosial baik keatas maupun kebawah yang dialami oleh individu atau kelompok sosial, sehingga memperikan dampak berupa kelas baru yang diperoleh individu atau kelompok .
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar