Pengertian Makanan Sehat

Ada beberapa pengertian makanan sehat. Makanan sehat sangat penting artinya bagi kesehatan. Saat ini banyak orang menawarkan obat-obatan atau suplemen yang disebut sebagai Makanan Sehat, dengan pemasaran secara multi level marketing disertai iming-iming bonus yang menggiurkan, banyak orang mengkonsumsi obat tersebut tanpa mau memperhatikan lagi bagaimana hidup yang sehat dengan cara memilih makanan yang baik.Disamping itu, banyak orang ingin secara instant menurun- kan berat badan dalam sekejap mata, misalnya menghadapi suatu acara pernikahan atau event tertentu, lalu minum obat pelangsing dan diet ekstra ketat tanpa konsultasi ke dokter dengan akibat gangguan pada kesehatannya.Diet ekstra ketat bisa membuat anda kurang gizi, dan hati-hati nanti timbul sindrom yo-yo, dimana berat badan kembali naik lagi begitu anda lepas diet dan “balas dendam” makan banyak lagi.
Yang dimaksud dengan makanan yang sehat adalah makanan yang tidak membuat kita underweight atau overweight, tetapi membuat berat badan kita normal atau ideal.Disamping itu makanan sehat tidak membuat kita mengalami kolesterol atau gula darah tinggi, tetapi pada pemeriksaan darah secara berkala, gula, lemak, dan asam urat tetap terkontrol baik, tidak memperburuk fungsi organ penting tubuh, serta tekanan darah kita menjadi lebih stabil.
Menurut Hulme, pengertian makanan sehat adalah makanan dalam arti yang sesungguhnya dan mampu menikmati makanan tersebut. Makanan yang sehat harus terdiri dari makanan utama dan makanan penunjang. Makanan sehat tersebut juga dikenal dengan istilah 4 dan 5 sempurna, tetapi kepopulerannya sudah mulai memudar karena berbagai alasan. Makan dengan lauk pauk tahu, tempe, sepotong daging, dan serta mangkuk sayur masih belum cukup memenuhi kebutuhan gizi. Bila dilihat, menu makan tersebut sudah dianggap memenuhi kebutuhan kalori dan protein, tetapi apakah di dalamnya sudah tercakup nutrisi lain yang diperluhkan tubuh.
Secara umum pengertian makanan sehat dapat diartikan sebagai makanan yang mengandung unsur-unsur zat yang dibutuhkan tubuh dan tidak mengandung bibit penyakit atau racun. Unsur-unsur tersebut mengandung tri guna makanan, yaitu :sebagai zat pembangun, zat pengatur, dan zat tenaga.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar