Pengertian Luka Bakar

Pengertian luka bakar adalah luka yang disebabkan karena pengalihan energi dari suatu sumber panas kepada tubuh. Panas dapat dipindahkan lewat hantaran atau radiasi elektromagnetik. Luka bakar dapat dikelompokkan menjadi luka bakar termal, radiasi atau kimia. (Smeltzer, Suzzanne C. Vol 3. 2001)
Pengertian luka bakar menurut Elizabeth J. Corwin (2000) adalah luka yang timbul akibat kulit terpajan ke suhu tinggi, syok listrik, atau bahan kimia. Luka bakar diklasifikasikan berdasarkan kedalaman dan luas daerah yang terbakar.
Luka bakar adalah luka yang terjadi karena terbakar api langsung maupun tidak langsung, juga pajanan suhu tinggi dari matahari, listrik, maupun bahan kimia. Luka bakar karena api atau akibat tidak langsung dari api, misalnya tersiram air panas, banyak terjadi pada kecelakaan rumah tangga. (R. Sjamsuhidajat, Wim de jong. Ed. 2. 2004).
Luka bakar adalah kerusakan atau kehilangan jaringan yang disebabakan oleh kontak dengan sumber panas seperti api, air panas, bahan kimia, listrik dan radiasi (Moenandjat, 2001). Kerusakan pada kulit akibat luka bakar sering kali digambarkan pada kedalaman cedera dan didefinisikan dalam istilah cedera ketebalan parsial ( yang mengenai lapisan epidermis atau lapisan dedermis ) dan cedera ketebalan penuh (mengenai lapisan epidermia, dedermis dan lapisan lemak) (Hudak &Gallo, 1994).
Luka bakar adalah luak yang disebabkan oleh kontak dengan suhu tinggi seperti api, air panas, listrik dan bahan kimia & radiasi. Juga oleh sebab kontak dengan suhu rendah (ferostbite ). Luka bakar ini dapat mengakibatkan kematian atau akibat lain yang berkaitan dengan problem fungsi maupun estetik (Mansjoer,2000).
Luka bakar adalah luka yang disebabkan oleh kontak dengan sumber panas seperti api, air panas, bahan kimia, listrik dan radiasi yang mengakibatkan kerusakan at au kehilangan jarinagn yang mengenai lapisan epidermis dan, dedermis dan lemak.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar