Pengertian Imbalan

Ada beberapa pengertian imbalan. Berdasarkan pendapat para ahli masalah Sumber Daya Manusia, telah dikemukakan pengertian tentang imbalan/kompensasi. Menurut Ivancevich (1998) Pengertian imbalan adalah “Compensation is the Human Resources Management function that deals with every type of reward individuals receive in exchange for performing organization tasks”.
Kompensasi adalah fungsi manajemen sumber daya manusia yang berkaitan dengan semua bentuk penghargaan yang dijanjikan akan diterima karyawan sebagai imbalan dari pelaksanaan tugas dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan.
Dari pengertian di atas dapat diketahui ciri-ciri imbalan atau kompensasi, yaitu:
  1. Kompensasi merujuk kepada semua bentuk imbalan keuangan. 
  2. Kompensasi diperoleh dari pelayanan yang nyata dan manfaat yang diterima karyawan sebagai bagian dari suatu hubungan pekerjaan. 
  3. Kompensasi merupakan penghargaan finansial yang diberikan kepada karyawan
Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa kompensasi atau imbalan merupakan semua bentuk pembayaran yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan sebagai balas jasa atas pelaksanaan tugas atau kontribusi karyawan kepada perusahaan, baik yang diberikan secara teratur maupun situasional.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar