Pengertian Hipotermia

Pengertian hipotermia adalah suatu keadaan dimana suhu tubuh berada di bawah 35 derajat celcius. Sedangkan Hipotermi menurut Rutter tahun 1999 adalah suhu inti tubuh dibawah 36 derajat celcius.
Pengertian hipotermia adalah suatu keadaan ketika bayi diletakkan di lingkungan yang lebih dingin dari suhu lingkungan netralnya, dan ketika bayi menggigil dapat meningkatkan penggunaan oksigen dan penggunaan glukosa untuk proses fisiologis (Ladewig, 2006).
Hipotermia adalah penurunan suhu tubuh di bawah 36,5 °C Suhu normal bayi, baru lahir berkisar 36,5°C ± 37,5°C (suhu ketiak). Gejala awal hipotermia apabila suhu < 360C atau kedua kaki, dan tangan teraba dingin.Bila tubuh bayi teraba dingin, maka bayi sudah mengalami hipotermi sedang(Suhu 32°C -36°C) suhu aksila. Disebut hipotermia berat bila suhu tubuh < 32°C. Hipotermia menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan terjadinya metoblis anerobik, meningkatkan kebutuhan oksigen, mengakibatkan hipoksemia dan berlanjut dengan kematian (Saifudin, 2009) .
Hipotermia adalah gangguan medis yang terjadi di dalam tubuh, sehingga mengakibatkan penurunan suhu karena tubuh tidak mampu memproduksi panas untuk menggantikan panas tubuh yang hilang dengan cepat. Kehilangan panas karena pengaruh dari luar seperti air, angin, dan pengaruh dari dalam seperti kondisi fisik (Lestari, 2010).
Klasifikasi Hipotermia
Hipotermia dapat diklasifikasikan menurut derajat suhu tubuh. Klasifikasi hipotermia adalah sebagai berikut:
  • Hipotermia ringan, suhu <36,5oC
  • Hipotermia sedang, suhu antara 32oC-36o
  • Hipotermia berat, suhu kurang dari 32oC
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar