Pengertian Biaya Produksi

Pengertian biaya produksi menurut Henry Simamora (2000)  ”Biaya produksi adalah  biaya-biaya yang terjadi dengan mengkonversikan bahan baku menjadi produk jadi”. Sedangkan menurut Garrison/Noreen (2000) ”Biaya produksi adalah semua biaya yang terkait dengan pemerolehan atau pembuatan suatu produk yang terdiri dari biaya bahan baku langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead pabrik.  
Menurut Mulyadi ( 2004) pengertian biaya produksi merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual. Sedangkan menurut Hansen dan Mowen (2002) biaya produksi adalah biaya yang berkaitan dengan pembuatan barang dan penyediaan jasa.
Menurut Sutrisno (2001) biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk mengolah bahan baku menjadi produk selesai. Biaya ini dikeluarkan oleh departemen produksi, yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.
Dari pengertian biaya produksi diatas dapat dikatakan bahwa biaya produksi merupakan keseluruhan jumlah yang dikeluarkan untuk menghasilkan barang jadi, yang secara langsung terdiri dari biaya produksi bahn langsung dan biaya tenaga kerja langsung, sedangkan biaya tidak langsung dimasukan kedalam overhead pabrik.
Biaya produksi sering juga disebut biaya pabrikasi atau biaya pabrik (factory cost). Contohnya adalah biaya depresiasi mesin dan equipmen, biaya bahan baku, biaya bahan penolong, biaya gali karyawan yang bekerja dalam bagian-bagian, baik secara langsung maupun tidak langsung yang berhubungan dengan proses produksi menurut objek pengeluarannya. 
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar