Pengertian Auditing

Ada beberapa pengertian auditing oleh para ahli. Pengertian mengenai audit perlu diketahui   terlebih dahulu sebelum melakukan audit. Pemahaman tentang audit sangat penting dalam mendukung pelaksanaan proses audit. Hal ini dimaksudkan agar diperoleh hasil audit yang dapat dipercaya.
Untuk mengetahui auditing secara jelas, berikut ini terdapat beberapa pengertian auditing menurut para ahli, antara lain:
Menurut Arens, A. A dan Loebbecke, J. K yang diterjemahkan oleh Jusuf, A. A (2001) mendefinisikan, “Auditing adalah proses pengumpulan dan pengevaluasian bahan bukti tentang informasi yang dapat diukur mengenai entintas ekonomi yang dilakukan seorang yang kompeten dan independen untuk dapat menentukkan dan melaporkan kesesuaian informasi yang dimaksud dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan.”.
Menurut Boynton, W. C. dan Kell, W. G.  yang diterjemahkan oleh Rajoe, P. A., Gania, G., Budi, I. S (2003) “Auditing adalah suatu proses yang sistematis dengan tujuan untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti-bukti secara objektif dengan memperhatikan pernyataan mengenai kegiatan dan peristiwa ekonomi untuk meningkatkan tingkat penyesuaian antara pernyataan dan kriteria yang telah ditetapkan dan mengkomunikasikan hasil-hasilnya kepada  pemakai dan pihak yang berkepentingan.”
Dari beberapa pengertian auditing diatas, dapat disimpulkan bahwa auditing adalah suatu proses untuk mengumpulkan dan mengevaluasi bahan bukti tentang informasi mengenai kejadian ekonomi, yang dilakukan oleh seorang yang kompeten dan independen untuk menentukan dan melaporkan tingkat kesesuaian informasi tersebut dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan dimana hasilnya akan disampaikan kepada pihak yang berkepentingan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar