Pengertian Alat Musik Perkusi

Pengertian alat musik perkusi adalah sebutan bagi instrumen musik yag teknik permainannya dipukul, baik menggunakan tangan atau stik (Bakar, 2008). Untuk memainkan alat musik ini yaitu menggunakan teknik dengan cara dipukul. Dijelaskan juga bahwa suara yang dihasilkan bersumber dari kulit atau selaput, lempengan kayu ataupun besi yang dipukul (Ali, 2006).
Pengertian alat musik perkusi menurut Wikipedia Indonesia dijelaskan bahwa:  Instrumen perkusi pada dasarnya merupakan benda apa pun yang dapat menghasilkan suara bak karena dipukul, digosok, dikocok, diadukan atau dengan cara apapun yang dapat membuat getaran pada benda tersebut. Istilah perkusi biasanya digunakan pada benda yang digunakan sebagai engiring dalam suatu permainan musik. 
Alat musik perkusi (disebut pula alat musik pukul atau tabuh) adalah alat musik yang menghasilkan suara dengan dipukul, ditabuh, digoyang, digosok, atau tindakan lain yangmembuat objek bergetar, baik dengan suatu alat, tongkat, maupun dengan tangan kosong. Kata ini berasal dari istilahLatin  percussion (yang berarti memukul) dan  percussus (kata bendayang berarti "pukulan").
Sesuai dari penjelasan diatas Instrument perkusi adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul, dikocok, digosok atau diadukan sesuai jenis alat musik tersebut. Dan alat musik perkusi adalah alat musik yang sangat sederhana karena untuk membunyikannya tidak memerlukan teknik khusus dalam memainkan alat musik ini, cukup memukul, mengocok, menggosok secara asal saja alat musik ini sudah bisa berbunyi. Tetapi jika dalam memainkannya ingin mendapatkan bunyi suara yang sempurna maka harus melatihnya.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar