Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja

Ada pengaruh pengembangan karir terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja karyawan dalam suatu perusahaan memiliki andil yang cukup besar pada pencapaian tujuan dan sasaran perusahaan yang telah ditetapkan. Kepuasan kerja yang tinggi diinginkan oleh para manajer karena dapat dikaitkan dengan hasil positif yang mereka harapkan. Kepuasan kerja yang tinggi merupakan suatu tanda bahwa suatu organisasi dikelola dengan baik dan pada dasarnya merupakan hasil manajemen prilaku yang efektif.
Dengan demikian, suatu perusahaan atau organisasi dalam usaha pencapaian tujuannya harus bisa memperhatikan kepuasan kerja karyawannya yang meliputi harapan-harapan dan kebutuhan-kebutuhannya. Apabila yang diharapkan karyawan dengan kenyataan yang tidak terdapat kesenjangan atau hanya terdapat kesenjangan yang kecil berarti masih terdapat kepuasan dalam diri karyawan tersebut.
Menurut Veithzal Rivai (2004) mengemuka kan bahwa: Kepuasan kerja pada dasarnya merupakan sesuatu yang bersifat individual, setiap individu memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda sesuai dengan sistem nilai yang berlaku pada dirinya. Makin tinggi penilaian terhadap kegiatan yang dirasakan sesuai dengan keinginan individu, maka makin tinggi kepuasannya terhadap kegiatan tersebut.
 Melalui pengembangan karir akan membantu karyawan dalam mencapai kepuasan kerjanya sendiri. Dengan penilian ini dapat diketahui ciri-ciri positif dan negatif yang ada pada diri seseorang yang akan mengacu pendorong yang kuat untuk lebih meningkatkan kemampuan kerja, baik dengan menggunakan ciri-ciri positif sebagai modal maupun dengan usaha yang sistematik untuk menghilangkan atau sedikit mengurangi ciri-ciri negatifnya.
Melalui kesempatan karir dan penyesuaian antara karir internal karyawan yang ada dalam pelaksanaanya, penyesuian tersebut dapat dilakukan dengan bantuan program mutasi karyawan dan program pendidikan dan latihan, dengan program ini diharapkan karyawan dapat menambah wawasan, pengalaman, kemampuan dan kaeahlian sehingga akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan.
Dengan adanya pengembangan karir akan mendorong karyawan dalam mencapai kepuasan kerjanya. Baik tidaknya karyawan dalam pengembangan karirnya akan berdampak terhadap kepuasan kerja karyawan. Dari uraian di atas terlihat bahwa pengembangan karir mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja dimana pengaruh tersebut dapat bersifat positif/negatif.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar