Pendekatan Pembelajaran Matematika

Ada beberapa pendekatan pembelajaran matematika. Pendekatan adalah cara mengenal atau memahami sesuatu pengajaran ataupun kejadian serta permasalahan yang terjadi dalam pengajaran yang dapat melahirkan suatu pola atau sikap tingkah laku. Dalam kegiatan belajar mengajar  guru harus mampu memilih pendekatan pembelajaran.
Usaha - usaha yang dilakukan guru dalam mengatur dan melaksanakan kegiatan pengajaran merupakan bagian penting dalam keberhasilan siswa mencapai tujuan yang direncanakan. Karena itu maka pemilihan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan sangatlah penting agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan efektif dan efisien yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembeljaran , yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya  mewadahi, menginspirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu.
Menurut Ruseffendi (dalam Marsini, 2006) bahwa: “Pendekatan pembelajaran matematika adalah suatu jalan, cara atau kebijaksanaan yang ditempuh oleh guru atau siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran atau materi dari sudut bagaimana proses pembelajaran atau materi pembelajaran itu, umum atau khusus dikelola”. 
Hamalik (2002) menyatakan bahwa,“Pendekatan pembelajaran merupakan suatu alat atau teknik rancangan pembelajaran yang mengarah ke proses belajar mengajar untuk memberikan kemudahan bagi siswa belajar”.  
Muhibbin Syah ( 1996) menyatakan bahwa, “Pendekatan belajar dapat dipahami sebagai segala cara atau strategi yang digunakan oleh siswa atau guru dalam menunjang efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran materi tertentu. Strategi dalam hal ini berarti seperangkat langkah operasional yang direkayasa untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan belajar tertentu”. (Dalam http//id.wiibooks.org) menyatakan bahwa, “Pendekatan adalah suatu upaya penyederhanaan masalah sampai batas- batas tertentu sehingga masih dapat ditoleransi untuk memudahkan penyelesaiannya. Upaya ini digunakan dalam masalah yang diselesaikan dengan memodifikasi cara pemecahan yang telah diketahui bagi permasalahan lain”.  
Berdasarkan kutipan-kutipan di atas, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika adalah suatu jalan atau teknik yang dijalankan oleh seorang guru dalam pembelajaran metamatika sehingga siswa dapat dengan mudah mengerti dan memahami konsep matematika yang dijelaskan oleh guru dengan benar.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar