Pembuatan Ikan Asin

Proses pembuatan ikan asin dimulai dengan penggaraman. Secara umum proses penggaraman ini dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu penggaraman kering (dry salting), penggaraman basah (wet salting), pelumuran garam (kench salting). Penggaraman kering dilakukan dengan menaburkan garam diatas lapisan ikan yang telah tersusun rapi, penggaraman basah dilakukan dengan perendaman ikan dalam larutan garam pekat dan pelumuran garam dilakukan dengan melumuri ikan dengan garam dalam wadah atau keranjang yang nantinya air dalam tubuh ikan akan mengalir dari wadahnya.
Sedangkan dalam proses penjemuran ikan yang telah diproses dalam penggaraman serta telah dicuci dan ditiriskan bisa langsung dijemur diatas para-para dan diletakkan diluar rumah agar terkena sinar matahari. Penjemuran harus disertai pembalikan ikan 2-3 kali setiap hari, bila hari telah sore ikan diamasukkan kedalam agar tidak terkena embun atau hujan. Didaerah intensitas cahaya matahari 8 jam per hari atau lebih, diperlukan waktu pengeringan selama 3 hari berturut-turut.
Proses pembuatan ikan asin adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan larutan garam jenuh konsentrasi 30%-50% (menggunakan garam murni atau garam beryodium) 
  2. Ikan yang telah disiangi disusun dalam wadah / bak kedap air, kemudian ditambahkan larutan garam secukupnya hingga seluruh ikan tenggelam dan beri pemberat agar tidak terapung. 
  3. Lama perendaman 1-3 hari, tergantung dari ukuran / tebal dan derajat keasinan yang di inginkan 
  4. Setelah penggaraman, bongkar ikan dan cuci dengan air bersih. Susun ikan diatas para-para untuk proses pengeringan / penjemuran.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar