Jenis-jenis Ikan Mas

Ada beberapa jenis-jenis ikan mas. Saat ini, banyak sekali jenis ikan Mas yang beredar di kalangan petani, baik jenis yang berkualitas tidak tinggi hingga jenis unggul. Setiap daerah memiliki jenis ikan Mas favorit, misalnya di Jawa Barat, ikan Mas yang paling digemari adalah jenis ikan Mas Majalaya. Di daerah lain, jenis ini belum tentu disukai, begitu juga sebaliknya. Perbedaan tersebut biasanya dipengaruhi oleh selera masyarakat dan kebiasaan para petani yang membudidayakannya secara turun-temurun. Jenis-jenis ikan Mas secara umum dapat digolongkan menjadi dua kelompok, yakni ikan Mas konsumsi dan ikan Mas hias. Jenis ikan Mas konsumsi adalah jenis-jenis ikan Mas yang dikonsumsi atau dimakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi yang berasal dari hewan. Sementara itu, jenis ikan Mas hias umumnya digunakan untuk memenuhi kepuasan batin atau untuk hiasan (pajangan) dan dipelihara di kolam-kolam taman atau akuarium (Susanto, 1987).
Ikan Mas konsumsi
Ikan Mas konsumsi antara lain:  
  1. Ikan Mas Punten. Warna sisik hijau gelap, mata menonjol, gerakan lamban dan jinak punggung lebar dan tinggi, ikan ini mempunyai panjang dan relatif pendek di bandingkan ikan mas lainya. 
  2. Ikan Mas Sinyonya. Warna sisik kuning muda, badan relatif panjang, mata tidak begitu menonjol dan normal pada usia yang masih muda, sedang yang sudah tua sipit, yang masih muda gerakannya lambat dan suka berkumpul pada permukaan air, perbandingan panjang dan terhadap tinggi badan antara 3,66:1.  
  3. Ikan Mas Majalaya. Warna sisik hijau keabu-abuan, dengan tepi sisik lebih gelap kearah punggung badan relatif pendek, punggung tinggi (membungkuk) dengan perbandingan panjang dan tinggi badan 3,20:1 dan gerakan jinak.   
  4. Ikan Mas Lokal. Ikan Mas ini sebenarnya belum bisa digolongkan sebagai salah satu ras atau jenis ikan Mas. Meskipun demikian, ikan ini justru paling banyak ditemukan di lapangan dan paling banyak dikenal oleh petani ikan dewasa ini. 
  5. Ikan Mas Merah. Ciri khas dari ikan Mas ini adalah sisiknya yang berwarna merah keemasan. Gerakannya aktif, tidak jinak, dan paling suka mengaduk-aduk dasar kolam. Bentuk badannya relatif memanjang. Dibandingkan dengan ras Sinyonya, posisi punggungnya relatif lebih rendah dan tidak lancip. Matanya agak menonjol.
Ikan Mas Hias
Ikan Mas Hias antara lain:
  1. Man Mas Kumpay. Ciri yang menonjol dari ikan Mas Kumpay adalah semua siripnya panjang dan berumbai sehingga tampak indah ketika sedang bergerak. Warna sisiknya sangat bervariasi, ada yang putih, kuning, merah, dan hijau gelap. Bentuk badannya memanjang seperti ikan Mas Sinyonya. Pertumbuhannya tergolong lambat. Kadang-kadang, ikan Mas ini juga dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi. 
  2. Ikan Mas Kancra Domas. Bentuk tubuhnya memanjang. Gerakannya mirip ikan Mas Taiwan, yakni selalu aktif dan kurang jinak. Sisiknya berukuran kecil dan susunannya tidak beraturan. Warna sisiknya bervariasi, ada yang biru, cokelat, atau hijau. Sisik punggungnya berwarna gelap. Semakin ke arah perut, warnanya semakin terang keperakan atau keemasan. 
  3. Ikan Mas Kaca. Ciri khas ikan ini adalah sebagian tubuhnya tidak tertutup sisik. Bagian yang tidak tertutup sisik sepintas tampak bening, mirip kaca. Di sepanjang gurat sisi (linea lateralis) dan di sekitar pangkal siripnya terdapat sisik berwarna putih mengilap. Sisik tersebut berukuran besar dan tidak seragam. 
  4. Ikan Mas Fancy (Mas Koi). Memiliki warna beraneka ragam, gerakan lamban dan jinak, badan relatif pendek dan tinggi. Ikan ini merupakan ikan pemakan organisme hewan kecil atau renik ataupun tumbuh- tumbuhan (omnivore). Kolam yang dibangun dari tanah banyak mengandung pakan alami, ikan ini mengaduk lumpur, memangsa larva insekta, cacing-cacing moluska (Santoso, 1993). 
Djajasewata  (1985) menyatakan, jenis makan dan tambahan yang biasa diberikan pada ikan Mas adalah bungkil kelapa atau bungkil kacang, sisa rumah pemotongan hewan, sampah rumah tangga dan lain-lain, sedangkan untuk makanan buatan biasanya diberikan berupa crumble dan pelet.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar