Fungsi Ikan

Fungsi ikan dalam menunjan kesehatan sangat besar. Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung berbagai macam zat nutrisi. Sebagai salah satu sumber protein hewani, ikan mengandung asam lemak tak jenuh , yodium, selenium, flourida, zat besi, magnesium, zink, taurin. Secara keseluruhan protein, vitamin, mineral dan asam lemak omega-3 yang dikandung dalam ikan mempunyai peran dalam kesehatan tubuh manusia baik di bagian otak, mata, jantung, paru-paru, otot, pencernaan, kulit maupun persendian (Anonim, 2009).
Ikan segar per 100 gram mengandung air 76%, Protein 17%, Lemak 4,50%, Mineral dan vitamin 2,52%-4,50% (ristek.go.id, 2011). Manfaat ikan laut terdapat pada dagingnya, daging ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berperan dalam melindungi jantung.
Daging ikan ini mampu menurunkan kolesterol dalam darah, memperbaiki fungsi dinding pembuluh darah. menurunkan tekanan darah,mencegah terjadinya penggumpalan darah, dan sangat diperlukan untuk pembentukan otak.
Namun ikan mempunyai kekurangan yaitu daya tahan ikan relatif rendah sehingga mudah cepat membusuk. Sehingga ikan biasanya diolah menjadi produk ikan yang lain misalnya : ikan asin , sarden, ikan teri kering dan lain-lain. Maka dari itu pilihlah ikan yang segar untuk dikonsumsi agar kandungan gizi dalam ikan dapat bermanfaat bagi tubuh kita (Neosavata.com, 2011).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar