Faktor Penyebab Neurotik

Ada beberapa faktor penyebab neurotik. Kartono (1980) menyebutkan bahwa sebab-sebab timbulnya gangguan neurotik, adalah:
  1. Tekanan-tekanan sosial dan tekanan kultural yang sangat kuat, yang menyebabkan ketakutan yang disertai dengan kecemasan dan ketegangan- ketegangan dalam batin sendiri yang kronis berat sifatnya. Sehingga orang yang bersangkutan mengalami mental breakdown. 
  2. Individu mengalami banyak frustrasi, konflik-konflik emosionil dan konflik internal yang serius, yang sudah dimulai sejak kanak-kanak. 
  3. Individu sering tidak rasionil sebab sering memakai defence mechanism yang negatif dan lemahnya pertahanan diri secara fisik dan mental. 
  4. Pribadinya sangat labil tidak imbang dan kemauannya sangat lemah.
Schneider (dalam Prasetya, 1990) berpendapat bahwa neurotik disebabkan oleh keterbatasan individu dalam menghadapi masalahnya. Winarno (1960) mengemukakan bahwa perilaku neurotik dapat disebabkan oleh gagalnya usaha pemecahan langsung yang dilakukan individu terhadap masalahnya, sedangkan Muchlas (dalam Yudiati,1995) mengatakan bahwa neurotik disebabkan pada diri individu terdapat konstitusi mental yang lemah dan adanya pengaruh lingkungan yang buruk yang akan mengakibatkan timbulnya gangguan mental dan kepribadian yang tidak normal.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penyebab gangguan neurotik bisa berasal dari individu itu sendiri, seperti keterbatasan individu dalam menghadapi masalahnya, gagalnya individu untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Penyebab lainnya berasal dari luar individu, seperti adanya tekanan- tekanan sosial dan tekanan kultural yang sangat kuat, adanya pengaruh lingkungan yang buruk. Semua itu bisa menyebabkan ketakutan yang disertai dengan kecemasan, ketegangan batin, frustrasi, konflik-konflik emosional, individu menggunakan mekanisme pertahanan diri yang negatif, yang bisa mengakibatkan gangguan mental. Gangguan mental itu adalah perilaku individu yang neurotik.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar