Cara Menghitung Laju Inflasi

Ada beberapa cara menghitung laju inflasi. Secara umum, dikenal tiga cara yang digunakan untuk menghitung laju inflasi, yaitu sebagai berikut:
Indeks Harga Konsumen (Consumen Price Index atau CPI ) 
Indeks Harga Konsumen (Consumen Price Index atau CPI )  adalah suatuindeks harga yang mengukur biaya sekelompok barang-barang dan jasa-jasa di pasar, termasuk harga-harga makanan, pakaian, perumahan, transportasi, perawatan kesehatan, pendidikan, dan komoditi lain yang yang dibeli untuk untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Dalam indeks harga konsumen, setiap jenis barang ditentukan suatu timbangan atau bobot tetap yang proporsional terhadap kepentingan relatif dalam anggaran pengeluaran konsumen. Adapun rumus untuk menghitung IHK adalah:
IHK = Pn/Po x 100%
Dimana:
 Pn= Harga sekarang
Po = Harga pada tahun dasar 
Sehingga rumus untuk menghitung laju inflasi adalah: 
Inflasi = IHKn – IHKo / IHKo x 100%
 Dimana:
IHKn = Indeks Harga Konsumen periode ini
IHKo = Indeks Harga Konsumen periode lalu
Indeks Harga Produsen (Producer Price Index atau PPI)
Indeks Harga Produsen (Producer Price Index atau PPI) adalah suatu indeks dari harga bahan-bahan baku (raw materials), produk antara (intermediate products), dan peralatan,modal dan mesin yang dibeli oleh sektor bisnis atau perusahaan. Jadi, PPI hanya mencakup bahan baku dan barang antara atau setengah jadi saja, sementara barang-barang jadi tidak dimasukkan dalam perhitungan.
GNP Deflator
GNP Deflator adalah suatu indeks yang merupakan perbandingan atau rasio antara GNP nominal dan GNP riil dikalikan dengan 100. GNP riil adalah nilai barang-barang  dan jasa-jasa yang dihasilkan di dalam perekonomian, yang diperoleh ketika output di nilai dengan menggunakan tahun dasar (based year). Oleh karena itu, GNP riiljuga sering disebut GNP berdasarkan harga tahun dasar (GNP at based year price). Sedangkan GNP nominal adalah GNP yang dihitung berdasarkan harga pasar yang berlaku (GNP at current market price). Adapun rumus untuk menghitung GNP Deflator adalah
GNP Deflator = GNP nominal / GNP riil x 100%
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar