Bentuk-Bentuk Perilaku Menolong

Ada beberapa bentuk-bentuk perilaku menolong. Perilaku me nolong menurut Wrightsman dan Deaux (1981) dibedakan berdasarkan tingkat pengorbanan pelaku ke dalam tiga bentuk tindakan, yaitu favor, donation, dan intervention in emergency. 
Favor
Favor dapat diartikan sebagai tindakan membantu orang lain, dimana usaha membantu tersebut tidak banyak membutuhkan pengorbanan (pengorbanan yang kecil). Pengorbanan yang dimaksudkan disini berupa pengorbanan tenaga/usaha dan waktu. Walaupun pengorbanan yang diberikan pelaku kecil, namun dampak dari tindakan ini menguntungkan bagi orang lain. Jadi, cost yang harus diberikan oleh mereka yang melakukan perilaku ini tidaklah begitu besar, dalam arti tidak melibatkan pengorbanan yang memberatkan pelakunya. 
Donation
Perilaku ini disebut juga dengan perilaku menyumbang terhadap seseorang atau organisasi yang memerlukan. Tindakan ini membutuhkan pengorbanan materi berupa uang atau barang.
Intervention in Emergency
Intervention in emergency merupakan perilaku memberikan bantuan kepada orang lain yang dilakukan dalam kondisi stressful atau pada situasi gawat darurat, dengan kemungkinan keuntungan yang sangat kecil bagi yang melakukan. Dalam melakukan tindakan ini dapat mengundang ancaman keselamatan diri dari penolong. Oleh karena itu, penolong berkorban besar dan kemungkinan me ndapatkan keuntungan yang sangat kecil dari tindakan ini. Contoh: membantu menyelamatkan orang yang hanyut di sungai. 
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar