Bakteri Escherichia Coli

Bakteri Escherichia coli merupakan bakteri yang ada dalam usus manusia. Bakteri escherichia coli dalam jumlah yang cukup, membantu dalam proses pencernaan. Tetapi kuantitas bakteri escherichia coli yang berlebihan dapa menyebabkan penyakit diare.
Sejarah Bakteri Escherichia Coli
Bakteri escherichia coli pertama kali diidentifikasikan oleh dokter hewan Jerman, Theodor Escherich dalam studinya mengenai sistem pencernaan pada bayi hewan. Pada 1885, organisme ini digambarkan sebagai komunitas bakteri coli (Escherich 1885) dengan membangun segala perlengkapan patogenitasnya di infeksi saluran pencernaan. Nama “Bacterium coli” sering digunakan sampai pada tahun 1991. Ketika Castellani dan Chalames menemukan genus Escherichia dan menyusun tipe spesies E. coli.
Klasifikasi Bakteri Escherichia Coli
Berdasarkan taksonomi bakteri Ecsherichia coli termasuk dalam:
  • Superdomain : Phylogenetica 
  • Filum : Proterobacteria 
  • Kelas : Gamma Proteobacteria 
  • Ordo : Enterobacteriales 
  • Family : Enterobacteriaceae 
  • Genus : Escherichia 
  • Species: Escherichia coli
Morfologi Bakteri Escherichia Coli
Bakteri Ecsherichia coli dari anggota family Enterobacteriaceae. Ukuran sel dengan panjang 2,0 – 6,0 μm dan lebar 1,1 –1,5 μm. Bentuk sel dari bentuk seperti coccal hingga membentuk sepanjang ukuran filamentous. Tidak ditemukan spora. E. coli batang gram negatif. Selnya bisa terdapat tunggal, berpasangan, dan dalam rantai pendek, biasanya tidak berkapsul, bakteri ini aerobik dan dapat juga aerobik fakultatif. E. coli merupakan penghuni normal usus, seringkali menyebabkan infeksi.
Kapsula atau mikrokapsula terbuat dari asam-asam polisakarida. Mukoid kadang-kadang memproduksi pembuangan ekstraselular yang tidak lain adalah sebuah polisakarida dari speksitifitas antigen K tententu atau terdapat pada asam polisakarida yang dibentuk oleh banyak E. coli seperti pada Enterobacteri aceae. Selanjutnya digambarkan sebagai antigen M dan dikomposisikan oleh asam kolanik.
Biasanya sel ini bergerak dengan flagella petrichous. E. colime mproduksi macam-macam fimbria atau pili yang berbeda, banyak macamnya pada struktur dan speksitifitas antigen, antara lain filamentus, proteinaceus, seperti rambut appendages di sekeliling sel dalam variasi jumlah. Fimbria merupakan rangkaian hidrofobik dan mempunyai pengaruh panas atau organ spesifik yang bersifat adhesi. Hal itu merupakan faktor virulensi yang penting.
E. coli merupakan bakteri fakultatif anaerob, kemoorganotropik, mempunyai tipe metabolism fermentasi dan respirasi tetapi pertumbuhannya paling sedikit banyak di bawah keadaan anaerob. Pertumbuhan yang baik pada suhu optimal 37oC pada media yang mengandung 1% pepton sebagai sumber karbon dan nitrogen. E. colimemfermentasikan laktosa dan memproduksi indol yang digunakan untuk mengidentifikasikan bakteri pada makanan dan air.
E. coli berbentuk besar (2-3 μm), circular, konveks dan koloni tidak berpigmen pada nutrien dan media darah. E. coli dapat bertahan hingga suhu 60oC selama 15 menit atau pada 55oC selama 60 menit.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar