Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Ada beberapa strategi meningkatkan kualitas pelayanan. Dalam memberikan pelayanan yang baik perusahaan harus mempunyai strategi supaya dapat meningkatkan kualitas pelayanannya. Pelayanan yang baik, dapat meningkatkan citra secara umum perusahaan tersebut.
Strategi meningkatkan kualitas pelayanan adalah sebagai berikut :
Mengidentifikasikan Determinasi Utama Kualitas Pelayanan
Setiap perusahaan perlu memberikan kualitas pelayanan yang terbaik untuk konsumen. Untuk itu dibutuhkan identifikasi determinan pelayanan yang paling penting bagi pasar sasaran, langkah berikutnya adalah memberikan penilaian yang diberikan pasar sasaran terhadap perusahaan dan pesaing berdasarkan determinan tersebut.
Mengelola Harapan Pelanggan
Semakin banyak janji yang diberikan perusahaan, maka semakin besar pula harapan konsumen yang pada gilirannya akan menambah peluang tidak dapat terpenuhinya harapan konsumen oleh perusahaan.
Mengelola Bukti (evidence) Kualitas Pelayanan
Pengelolaan bukti kualitas pelayanan bertujuan untuk memperkuat persepsi konsumen selama dan sesudah jasa diberikan.
Membidik Konsumen Tentang Pelayanan
Membantu konsumen dalam memahami suatu upaya yang sangat positif dalam rangka menyampaikan mutu pelayanan. Konsumen yang terdidik akan dapat mengambil keputusan dengan baik.
Mengembangkan Budaya Kualitas
Terdiri dari filosofi, keyakinan, sikap, norma, nilai, tradisi dan harapan yang meningkatkan kualitas. Agar dapat terciptanya budaya kualitas yang baik, dibutuhkan komitmen yang menyeluruh pada semua anggota organisasi.
Menciptakan Automatic Quality
Adanya otomatisasi dapat mengatasi variabilitas mutu pelayanan yang disebabkan kurangnya sumber daya manusia yang memiliki. Meskipun demikian sebelum memutuskan akan melakukan otomatisasi, perusahaan perlu melakukan penelitian secara seksama untuk menentukan bagian yang membutuhkan sentuhan manusia dan bagian yang membutuhkan otomatisasi.
Menindak Lanjuti Pelayanan
Dapat membantu memisahkan aspek – aspek pelayanan yang perlu ditingkatkan. Perusahaan mengambil inisiatif untuk menghubungi sebagian atau semua konsumen untuk mengetahui tingkat kepuasan dan persepsi mereka terhadap produk/jasa yang diberikan.
Mengembangkan Sistem Informasi Pelayanan
Merupakan sistem yang menggunakan pendekatan secara sistematis untuk mengumpulkan dan menyebarluaskan informasi yang dibutuhkan mencakup segala aspek, yaitu : data saat ini dan masa lalu, kuantitatif dan kualitatif, eksternal dan internal, serta informasi mengenai perusahaan dan konsumen.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar