Rentang Respon Sosial

Ada beberapa tolak ukur atau rentang respon sosial seseorang. Rentang respon sosial ini, akan menandakan seseorang mengalami gangguan sosial atau tidak. Respon adaptif adalah respon individu dalam menyelesaikan dengan cara yang dapat diterima oleh norma masyarakat. Respon maladaptif adalah respon individu dalam menyelesaikan masalah dengan cara yang bertentangan dengan norma agama dan masyarakat. Respon ini meliputi (Teguh, 2009):
Rentang Respon Sosial
Respon Adaptif
<<< ------------- >>>
ResponMaladaptif
Solitut  
Kesepian
Manipulasi
Otonomi  
Menarik Diri      
Impulsif
Kebersamaan
Ketergantungan
Narkisisme
Saling Ketergantungan


Sumber: (Stuart, 2006)
Solitude (menyendiri)
Merupakan respon yang dilakukan individu untuk merenungkan apa yang telah terjadi atau dilakukan dan suatu cara mengevaluasi diri dalam menentukan rencana- rencana.
Autonomy atau otonomi
Merupakan kemampuan individu dalam menentukan dan menyampaikan ide, pikiran, perasaan dalam hubungan sosial. Individu mampu menetapkan untuk interdependen dan pengaturan diri.
Mutuality atau kebersamaan
Merupakan kemampuan individu untuk saling pengertian, saling memberi, dan menerima dalam hubungan interpersonal.
Interdependen atau saling ketergantungan
Merupakan suatu hubungan saling ketergantungan, saling tergantung antar individu dengan orang lain dalam membina hubungan interpersonal.
Kesepian
Kondisi dimana seseorang merasa sendiri, sepi, tidak adanya perhatian dengan orang lain atau lingkungannya.
Menarik Diri
Kondisi dimana seseorang tidak dapat mempertahankan hubungan dengan orang lain atau lingkungannya.
Manipulasi
Merupakan gangguan sosial dimana individu cenderung berorientasi pada diri sendiri. Tingkah laku mengontrol digunakan sebagai pertahanan terhadap kegagalan atau frustasi dan dapat menjadi alat untuk berkuasa kepada orang lain.
Impulsif
Merupakan respon sosial yang ditandai dengan individu sebagai subyek yang tidak dapat diduga, tidak dapat dipercaya, tidak mampu merencanakan, tidak mampu untuk belajar dari pengalaman, dan miskin penilaian.
Narsisisme
Respon sosial ditandai dengan Individu memiliki tingkah laku egosentris, harga diri yang rapuh, terus menerus berusaha mendapat penghargaan dan mudah marah jika tidak mendapat dukungan dari orang lain.
Isolasi sosial
Adalah keadaan dimana individu mengalami penurunan atau bahkan sama sekali tidak mampu berinteraksi dengan orang lain disekitarnya.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar