Pengertian Sekolah Inklusi

Pengertian sekolah inklusi seperti pernyataan Staub dan Peck (1995) dalam Sunardi (2002) dalam Kuning (2010) yang mengemukakan bahwa pendidikan inklusif adalah “penempatan anak berkebutuhan khusus tingkat ringan, sedang, dan berat secara penuh di kelas reguler”.
Senada dengan pengertian yang disampaikan Daniel P.Hallahan, dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 70 Tahun 2009 disebutkan bahwa: Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.
Mengingat pernyataan di atas, sekolah inklusi merupakan sekolah yang harus memiliki strategi pembelajaran yang lebih variatif agar dapat menangani berbagai kemungkinan yang tidak biasa terjadi di sekolah pada umumnya.
Watterdal (2005) dalam Kuning (2010) menyatakan bahwa: Sebuah pendidikan inklusi adalah merangkul dan menerima keragaman. Tidak hanya mentolerirnya, tapi juga mendorong keingintahuan dan kreativitas. Bukan hanya menyesuaikan atau kompromi , tapi juga menciptakan sebuah semangat kompetisi yang konstruktif . Bukan di antara anak, tapi anak-anak tersebut akan bersaing dengan dirinya sendiri.
Persaingan yang konstruktif seperti yang telah disebutkan di atas, merupakan hal yang sangat menarik dan menginspirasi untuk diterapkan tidak hanya di sekolah inklusi melainkan di sekolah regular lainnya. Karena dunia pendidikan saat ini telah diwarnai dengan citra persaingan yang berujung pada perasaan “harus mengalahkan orang lain jika ingin menjadi pemenang”.
Mengingat pernyataan di atas yang mengungkapakan bahwa kompetisi yang konstruktif merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pendidikan inklusi, maka diperlukan model pembelajaran yang menunjang agar dapat membuat siswa bersaing dengan dirinya sendiri.
Share on :


Related post:


1 komentar:

Satran Maehadi mengatakan...

terima kasih semoga mamfaat

Poskan Komentar