Pengertian Kelelahan

Pengertian kelelahan adalah suatu perasaan yang bersifat subjektif. Kelelahan adalah aneka keadaan yang disertai penurunan efisiensi dan kebutuhan dalam bekerja. Kelelahan merupakan suatu mekanisme perlindungan agar tubuh terhindar dari kerusakan lebih lanjut, sehingga akan terjadi pemulihan.
Kelelahan harus dibedakan dengan kejemuan, sekalipun kejemuan merupakan salah satu faktor penyebab kelelahan.
Jemu adalah keadaan dimana terdapat 5 (lima) faktor penyebab terjadinya kelelahan:
  1. Keadaan monoton 
  2. Beban kerja dan lama pekerjaan baik fisik maupun mental. 
  3. Keadaan lingkungan kerja seperti cuaca kerja, penerangan dan bising. 
  4. Keadaan kejiwaan seperti tanggung jawab, kekhawatiran atau konflik. 
  5. Penyakit, perasaan sakit dan keadaan gizi.
Kelelahan kerja dalam suatu industry berkaitan pada gejala-gejala yang saling berhubungan yaitu : perasaan lelah dan perubahan fisiologis dalam tubuh (saraf dan otot tidak berfungsi dengan baik atau tidak secepat pada keadaan normal) yang disebabkan oleh perubahan kimiawi setelah bekerja dan dapat menurunkan kapasitas kerja. Kelelahan kerja merupakan kriteria yang kompleks yang tidak hanya menyangkut kelelahan fisiologis tetapi dominan hubungannya dengan penurunan kinerja fisik, adanya perasaan lelah, penurunan motivasi dan penurunan produktivitas kerja
Demikian banyaknya pengertian tentang kelelahan kerja yang apabila disimpulkan didapat pengertian secara umum bahwa kelelahan kerja merupakan suatu keadaan yang dialami tenaga kerja yang dapat mengakibatkan penurunan vitalitas dan produktivitas kerja.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar