Pengertian Kejang Demam

Pengertian Kejang demam adalah bangkitan kejang yang terjadi pada kenaikan suhu tubuh (suhu rektal lebih dari 38oC) yang disebabkan oleh suatu proses ekstrakranium (Ngastiyah, 1997). Sedangkan Pengertian Kejang adalah perubahan fungsi otak mendadak dan sementara sebagai mengakibatkan akibat dari aktivitas neuronal yang abnormal dan pelepasan listrik serebral yang berlebihan (betz & Sowden,2002).
Kejang demam adalah terbebasnya sekelompok neuron secara tiba-tiba yang suatu kerusakan kesadaran, gerak, sensasi atau memory yang bersifat sementara (Hudak and gallo, 1996). Kejang demam sering juga disebut kejang demam tonik-klonik, sangat sering dijumpai pada anak-anak usia di bawah 5 tahun. Kejang ini disebabkan oleh adanya suatu awitan hypertermia yang timbul mendadak pada infek si bakteri atau virus. (Sylvia A. Price, Latraine M. Wikson, 1995).
Kejang demam suatu perubahan fungsi pada otak secara mendadak dan sangat singkat atau sementara dapat disebabkan oleh aktivitas otak yang abnormal serta adanya pelepasan listrik serebral yang sangat berlebihan, terjadinya kejang dapat disebabkan oleh malforasi otak kongenital, faktor genetis seperti adanya penyakit seperti meningitis, esefalitis, serta demam yang tinggi (Mansjoer Arif, 2000).
Kejang demam adalah bangkitan kejang yang terjadi pada kenaikan suhu tubuh (suhu rectal di atas 38ÂșC) yang disebabkan oleh proses ekstakranium. Sedangkan pengertian kejang itu sendiri merupakan perubahan fungsi otak mendadak dan sementara sebagai akibat dari aktivitas neuronal yang abnormal dan pelepasan listrik selebral yang berlebihan (Betz & Sowden, 2002).
Jadi dapat disimpulkan kejang demam adalah kenaikan suhu tubuh yang menyebabkan perubahan fungsi otak akibat perubahan potensial listrik serebral yang berlebihan sehingga mengakibatkan renjatan berupa kejang.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar