Pengertian Gangguan Emosi

Pengertian gangguan emosi yaitu penyakit yang menyebabkan seseorang sangat tergantung karena adanya konflik atau pertentangan dalam dirinya. Gangguan emosi merupakan suatu hal yang tidak wajar. Namun gangguan ini pernah dialami oleh setiap orang, tidak peduli itu anak-anak, remaja, orang dewasa, maupun orang yang sudah renta sekalipun.
Orang yang mengalami gangguan emosional ini tentu merasa jiwanya tidak tenang dan tenteram. Dalam hal ini bimbingan rohani Islam sangat diperlukan dalam proses pengendalian sikap, ucapan, tindakan dan perbuatan seseorang.
Menurut CCBD (Council for Children with Behavioral Disorders), gangguan emosi dan tingkah laku adalah ketidakmampuan yang ditandai dengan merespon perilaku dan emosional dalam program-program pembelajaran sangat tidak sesuai dengan usia, budaya atau norma-norma etnis yang berdampak buruk secara nyata pada pendidikannya. Pendidikan disini meliputi kemampuan akademis sosial, keterampilan dan kepribadian.
Jadi dapat disimpulkan bahwa gangguan emosional adalah suatu perasaan yang tergoncang yang dialami dalam batin seseorang dan biasanya merupakan tanggapan terhadap kejadian-kejadian dalam kehidupannya. Sesungguhnya emosional memegang peranan penting dalam mempengaruhi bagaimana anak dalam berpikir dan bertindak dalam kehidupannya itu.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar