Pengertian GAKY

Pengertian GAKY ataun Gangguan akibat kekurangan yodium adalah rangkaian efek kekurangan yodium pada tumbuh kembang manusia. Spektrum seluruhnya terdiri dari gondok dalam berbagai stadium, kretin endemik yang ditandai terutama oleh gangguan mental, gangguan pendengaran, gangguan pertumbuhan pada anak dan orang dewasa (Supariasa, 2002).
GAKY merupakan suatu masalah gizi yang disebabkan karena kekurangan Yodium, akibat kekurangan Yodium  ini dapat menimbulkan penyakit, salah satu yang sering kita kenal dan ditemui dimasyarakat adalah Gondok.
Adapun pengertian dari gondok, endemik dan kretin adalah:
Gondok
Gondok/goiter adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan pembesaran kelenjar thyroid (Djokomoeljanto, 1985).
Gondok Endemik
Gondok endemik bukan penyakit melainkan suatu istilah kesehatan dalam konsep kesehatan masyarakat yaitu apabila dalam masyarakat terdapat prevalensi gondok / atau penderita gondok di masyarakat itu lebih dari 10 % dari jumlah penduduk setempat, maka daerah tersebut disebut daerah gondok endemik (Dir. Bina Gizi Masyarakat, 1992).
Kretin Endemik
Seseorang disebut kretin endemik apabila lahir di daerah gondok endemik. Kelainan kretin terjadi pada waktu bayi dalam usia kandungan atau tidak lama setelah dilahirkan dan terdiri atas kerusakan pada saraf pusat dan hipotiroidisme. 
Secara klinis kerusakan saraf pusat bermanifestasi dengan:
  1. Retardasi mental 
  2. Gangguan pendengaran sampai bisu tuli. 
  3. Gangguan neuromotor seperti gangguan bicara, cara berjalan yang aneh. 
  4. Hipotiroidi dengan gejala: Miksedema pada hipotisodisme berat,  Tinggi badan yang kurang, cebol (Stunted Growth) dan osifikasi yang terlambat, Pada pemeriksaan darah ditemukan kadar hormon tiroid yang rendah (Pudjiadi, 2000).
loading...
Share on :


Related post:


1 komentar:

Sekilas Sejarah Batik Nusantara mengatakan...

niceee

Poskan Komentar