Pengertian Entrepreneurship

Pengertian Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah proses menciptakan sesuatu nilai yang berbeda dengan mencurahkan waktu dan upaya yang diperlukan, memikul risiko-risiko finansial, psikis dan sosial yang menyertai, serta menerima penghargaan/imbalanmoneter dan kepuasan pribadi. Dari definisi tentang Entrepreneurship terdapat 3 tema penting yang dapat di identifikasi:
Pursuit of opportunities
Entrepreneurship adalah berkenaan dengan mengejar kecenderungan dan perubahan-perubahan lingkungan yang orang lain tidak melihat dan memperhatikannya.
Innovation
Entrepreneurship mencakup perubahan perombakan, pergantian bentuk, dan memperkenalkan pendekatan-pendekatan baru seperti produk baru atau cara baru dalam melakukan bisnis.
Growth
Pasca entrepreneur mengejar pertumbuhan, mereka tidak puas dengan tetap kecil atau tetap dengan ukuran yang sama. Entrepreneur menginginkan bisnisnya tumbuh dan bekerja keras untuk meraih pertumbuhan sambil secara berkelanjutan mencari kecenderungan dan terus melakukan inovasi produk dan pendekatan baru.
Istilah kewirausahaan pada dasarnya merupa kan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang mungkin dihadapinya.
Sedangkan berikut ini adalah beberapa istilah yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya David. H. Holt (2003), yang menyatakan entrepreneur adalah orang yang menciptakan sebuah bisnis baru, mengambil inisiatif dan menerima resiko dari usaha baru tersebut serta dalam pelaksanaannya menciptakan “sesuatu” yang baru atau melalui pemanfaatan sumber-sumber daya dengan cara yang tidak lazim guna menciptakan nilai bagi pelanggan.
Lain halnya dengan pendapat Geoffrey G Merredith et al. yang mengatakan bahwa wirausaha adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis: mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses (Geoffrey GMeredith et al.,2005). Dan untuk menjadi entrepreneur yang sukses maka kita harus pandai dalam melakukan kegiatan-kegiatan manajemen dari mulai melakukan perencanaan, pengaturan, pelaksanaan dan pengawasan. Oleh karena itu seorang entrepreneur harus menguasai ilmu manajemen. Pengertian manajemen akan dijelaskan pada sub bab berikutnya.
Menurut Hisrich (2000), entrepreneurship adalah proses membuat sesuatu yang baru dengan nilai dari konsumsi waktu dan daya yang diperlukan, memperkirakan keuangan, fisik, dan resiko sosial, dan mendapatkan penghargaan hasil dari moneter dan kepuasan personal dan kebebasan.
Dari definisi ini dapat dilihat adanya empat aspek dasar dari entrepreneurship yaitu:
  1. Entreprenuership termasuk didalamnya adalah proses penciptaan. 
  2. Entrepreneurship memerlukan waktu dan daya. 
  3. Adanya penilaian terhadap resiko. Jenis resiko bermacam-macam tetapi umumnya dalam bentu keuangan, fisik, dan sosial. 
  4. Penghargaan dari menjadi entrepreneurship. Penghargaan dapat berupa kebebasan, kepuasan pribadi, maupun uang.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar