Manfaat Sumber Belajar

Manfaat sumber belajar sangat besar. Peningkatan mutu pendidikan dapat kita lakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berusaha untuk memahami bagaimana peserta didik belajar dan bagaimana informasi yang diperoleh dapat diproses dalam pikiran mereka sehingga menjadi milik mereka serta bertahan lama dalam pikirannya. Di sisi lain adanya tuntutan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa sendiri erat kaitannya dengan ketersediaan sumber belajar, pengelolaan dan pemanfaatannya dalam proses pembelajaran.
Kita perlu menyadari bahwa peserta didik merupakan sumber daya manusia sebagai aset bangsa sangat berharga. Oleh sebab itu, perlu diupayakan penerapan iklim belajar yang tepat untuk menciptakan lulusan yang benar-benar kreatif, inovatif dan berkeinginan untuk maju melalui pemanfaatan sumber belajar untuk mengembangkan potensinya secara utuh dan optimal.
Melaksanakan kegitan belajar mengajar, guru sewajarnya memanfaatkan sumber belajar, karena pemanfaatan sumber belajar merupakan hal yang sangat penting dalam konteks belajar mengajar tersebut. Dikatakan demikian karena memanfaatkan sumber belajar akan dapat membantu dan memberikan kesempatan belajar yang berpartisipasi serta dapat memberikan perjalanan belajar yang kongkrit. Kemudian dapat juga memperluas cakrawala dalam kelas, sehingga tujuan yang telah ditentukan dapat dicapai dengan efisien dan efektif.
Berikut ini adalah beberapa manfaat sumber belajar menurut Depdiknas (1983) dalam Karwono (2000), yaitu:
  1. Sumber belajar dapat memberikan perjalanan belajar yang kongkrit dan langsung kepada pelajarnya. Seperti kegiatan darma wisata ke pabrik, pusat tenaga lstrik, pelabuhan dan sebagainya. 
  2. Sumber belajar menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan atau dikunjungi dan di lihat secara langsung oleh siswa. Contohnya seperti penggunaan peta, denah, foto dan sebagainya. 
  3. Sumber belajar dapat menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada di dalam kelas, misalnya buku, foto-foto dan nara sumber. 
  4. Sumber belajar dapat memberikan informasi yang akurat dan terbaru, misalnya penggunaan buku teks, majalah, dan orang sumber informasi. 
  5. Sumber belajar dapat memecahkan masalah pendidikan atau pengajaran baik dalam lingkup mikro maupun makro. 
  6. Sumber belajar dapat memberikan motivasi yang positif, lebih-lebih jika di atur dan direncanakan pemanfaatannya dengan tepat. 
  7. Sumber belajar dapat merangsang untuk berfikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut.
Berdasarkan ke tujuh poin di atas maka dapat kita lihat besarnya manfaat sumber belajar dalam proses pembelajaran, dan menggunakan sistem pendekatannya berorientasi pada siswa sehingga betul-betul menekankan pada perkembangan pola pikir siswa. Ada juga beberapa persyaratan yang harus diketahui oleh pendidik atau guru dalam memanfaatkan berbagai sumb er belajar,
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2001) mengemukakan:
  1. Tujuan intruksional haendaknya dijadikan pedoman dalam memilih sumber belajar yang sahih. 
  2. Pokok-pokok bahasan ynag menjelaskan analisis isi pelajaran yang akan kepada siswa 
  3. Hal ini perlu dilakukan dalam dasar pemilihan serta pemanfaatan sumber belajar agar materi yang disajikan sumber belajar dapat memperjelas dan memperkaya isi bahan. 
  4. Pemilihan strategi, metode pengajaran yang sesuai dengan sumber belajar.Strategi sangat erat kaitannya dengan sumber belajar bahkan srategi itu termasuk dalam salah satu sumber belajar. 
  5. Sumber-sumber belajar yang dirancang berupa media intruksional dan bahan tertulis yang tidak dirancang 
  6. Pengaturan waktu sesuai dengan luas pokok bahasan yang akan disampaikan kepada siswa. Waktu yang diperlukan dalam menguasai materi tersebut akan mempengaruhi sumber belajar yang dipergunakan. 
  7. Evaluasi, yakni bentuk evaluasi yang akan digunakan
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar