Indikator Tingkat Pendidikan

Terdapat beberapa indikator tingkat pendidikan. Pendidikan pada hakekatnya merupakan suatu proses yang berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan didalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Oleh karena itu pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah.
Sistem Pendidikan Nasional dalam Undang – undang RI No. 20 Tahun 2003, mengemukakan bahwa pendidikan terbagi atas:
Pendidikan persekolahan / formal
Pendidikan persekolahan / formal (pasal 14) jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.
Pendidikan luar sekolah:
  1. Pasal 26 ayat 2. Pendidikan non formal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian professional. 
  2. Pasal 27 ayat 1.  Kegiatan pendidikan informal yang di lakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.
Sedangkan pendidikan formal menurut Ahmadi dan Ubbiyati (2000) adalah pendidikan yang berlangsung teratur, bertingkat dan mengikuti syarat – syarat tertentu  secara ketat. Pendidikan ini berlangsung disekolah. 
Pendidikan non formal atau pendidikan luar sekolah menurut Gunawan (2001:63) adalah semua usaha sadar yang dilakukan untuk membantu pekembangan kepribadian serta kemampuan anak dan orang dewasa di luar sistem persekolahan melalui pengaruh yang sengaja dilakukan melalui beberapa sistem dan metode penyampaian seperti kursus, bahan bacaan, radio, televisi, penyuluhan dan media komunikasi sebelumnya.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar