Esensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Esensi pembelajaran pendidikan jasmani adalah untuk mendukung program pendidikan. Proses belajar mengajar (PBM) merupakan interaksi berkelanjutan antara perilaku guru dan prilaku peserta didik (Mosston dan Asworth, 1994). Salah satu prinsip penting dalam pendidikan jasmani adalah partisipasi peserta didik secara penuh dan merata. Oleh karena itu guru pendidikan jasmani harus memperhatikan kepentingan setiap peserta didik.
Persiapan peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar adalah berupa pengantar yang merujuk pada komponen antisipasi. Dalam membuka pelajaran guru mempersiapkan peserta didik dengan mengembangkan minat mereka pada pelajaran tersebut. Dalam mempersiapkan peserta didik guru menyampaikan apa yang akan dipelajari dan hubungannya dengan pelajaran sebelumnya aktivitas saat ini atau yang akan datang.
Hal ini penting sebagai tujuan untuk selalu melibatkan peserta didik agar secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru pendidikan jasmani harus dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani sesuai dapat dilakukan guru pendidikan jasmani, agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan senang.
Lutan dalam Sunarya (2007) menyatakan, modifikasi dalam matapelajaran pendidikan jasmani diperlukan, dengan tujuan agar:
  1. Siswa memperoleh kepuasan dalam mengikuti pembelajaran 
  2. Meningkatkan kemungkinan keberhasilan dalam berpartisipasi 
  3. Siswa dapat melakukan pola gerak secara benar
Pendekatan modifikasi ini dimaksudkan agar materi yang ada di dalam kurikulum dapatdisajikan sesuai dengan tahap-tahap perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor anak, sehingga pembelajaran pendidikan jasmani dapat dilakukan secara intensif. Keterbatasan fasilitas penjas yang ada di sekolah menjadi kendala serius dalam pelaksanaan pembelajaran penjas. Modifikasi digunakan sebagai salah satu alternatif pendekatan dalam pembelajaran pendidikan jasmani dilakukan dengan berbagai pertimbangan.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar