Definisi Self-Branding

Ada beberapa definisi self-branding. Dalam kegiatan konsumsi produk, ada fenomena yang menarik dimana seorang individu cenderung memilih brand tertentu untuk dikonsumsi dan lalu secara berulang membelanjakan uangnya untuk membeli brand tersebut. Hal inilah yang disebut dengan self-branding, yaitu proses dimana konsumen menyesuaikan konsep diri mereka sendiri dengan image dari brand tersebut (Ball, dkk, 1992).
Lebih jauh lagi mengenai self-branding, ada hal yang menarik dimana konsumen tidak saja membelanjakan uangnya untuk memperoleh tujuan praktis dari produk tertentu, Ball et.al dalam penelitiannya tahun 1992 menyatakan bahwa perilaku konsumsi yang dilakukan juga menolong konsumen untuk mengekspresi dan membangun sendiri konsep diri mereka.
Secara spesifik konsumen akan berbelanja brand tertentu hanya ketika individu tersebut menemukan kesesuaian antara produk dan image brand dengan konsep dirinya. Dengan kata lain, nilai satu brand juga tergantung pada kemampuannya untuk menolong konsumen membangun konsep dirinya (McCracken, 1989).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar