Cara Mengatasi Insomnia

Ada beberapa cara mengatasi insomnia. Insomnia merupakan gangguan psikologis yang sangat mengganggu. Oleh karena itu, harus dilakukan penanganan yang cepat dan tepat agar gangguan insomnia dapat cepat teratasi.
Cara mengatasi insomnia antara lain sebagai berikut:
  1. Singkirkan atau terapi sindrom-sindrom yang spesifik 
  2. Latih kebiasaan tidur yang baik. Pertahankan waktu tidur yang teratur, gunakan kamar tidur hanya untuk tidur. Jaga agar ruangan gelap, tenang, dan dingin. Kembangkan suatu ritual tidur sekitar satu jamsebelum tidur. Bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Olahraga yang teratur pada siang hari, tetapi tidak dilakukan setelah makan malam. Hindari aktivitas mental yang terlampau bersemangat pada saat menjelang malam. 
  3. Berikan dukungan dan penghiburan. Lakukan psikoterapi, jika diperlukan. Cobalah teknik relaksasi: relaksasi progresif, biofeedback, self-hypnosis, meditasi dan lain-lain. Tekankan kepekaan akan kontrol diri. 
  4. Gunakan sedatif-hipnotik hanya untuk waktu yang terbatas. Sebagian besar obat hipnotik menjadi tidak efektif lagi setelah 2 minggu jika digunakan pada malam hari.
Tindakan atau upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia bisa juga dilakukan dengan cara berikut:
  1. Memakan makanan berprotein tinggi sebelum tidur, seperti keju atau susu. Tripofan yang merupakan suatu asam amino dari protein yang dicerna, dapat membantu agar mudah tidur. 
  2. Usahakan agar selalu beranjak tidur pada waktu yang sama 
  3. Hindari tidur diwaktu siang atau sore hari 
  4. Berusaha untuk tidur hanya apabila merasa benar-benar kantuk dan tidak pada waktu kesadaran penuh 
  5. Hindari kegiatan-kegiatan yang membangkitkan minat sebelum tidur. 
  6. Lakukan latihan-latihan gerak badan setiap hari, tetapi tidak menjelang tidur. 
  7. Gunakan teknik-teknik pelepasan otot-otot serta meditasi sebelum berusaha untuk tidur.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال