Bentuk Dasar Dukungan Sosial

Terdapat beberapa bentuk dukungan sosial. Cobb (1976), Cassel (1974) dan Cohen &Wills (1985) memberikan tiga macam tipe dasar dari dukungan sosial, yaitu:
  1. Dukungan Emosi (Emotional Support). Kondisi dimana individu merasa ia mempunyai orang lain yang dapat memberi rasa aman dan nyaman pada saat ia menghadapi masa-masa sulit. Atau dapat juga dikatakan bahwa dukungan emosi meliputi ekspresi dari empati, kepedulian, dan rasa perhatian yang penuh pada seseorang agar ia merasa nyaman, aman, dicintai, dan merasa menjadi bagian dari kelompok pada saat ia mengalami stres. 
  2. Dukungan Penghargaan Diri (Self-Esteem Support). Kondisi dimana hubungan sosial membantu untuk menolong individu merasa lebih baik tentang dirinya, tentang keterampilan dan kemampuan nya, dengan ekspresi dari penghargaan positif yang diberikan pada individu dan memberikan perbandingan yang positif antara individu dengan orang lain, yaitu orang-orang yang lebih kurang mampu atau keadaannya lebih buruk daripada dirinya. Dukungan seperti ini akan membangun perasaan yang lebih baik tentang dirinya, dan membuat individu merasa lebih berharga. 
  3. Dukungan Informasi (Appraisal Support). Kondisi dimana seseorang merasa dapat bergantung pada lingkungan untuk mendapatkan petunjuk berupa pemberian arah, nasihat, saran, atau pun mpan balik mengenai apa yang sebaiknya mereka lakukan.
Cobb (1976) dukungan sosial diklasifikasikan sebagai tiga jenis informasi bahwa individu pada umumnya dipahami sebagai dukungan sosial. Pertama, pengetahuan mengenai apa itu disayangi dan dicintai disebut dukungan emosional. Hal ini terlibat saling percaya dalam hubungan diantara dua orang dan untuk mengisi kebutuhan baik succorance, nurturance , dan afiliasi.
Kedua, dukungan harga diri adalah informasi yang menyebabkan seorang individu untuk merasa dihargai. Penegasan publik yang satu memiliki arti penting membantu individu untuk merasakan perasaan senilai pribadi dan peningkatan harga diri (Cobb, 1976). Pengakuan atau penghargaanatas upaya seseorang dan mendengarkan tanpa penilaian adalah contoh dari beberapa fungsi dukungan sosial yang ditawarkan oleh Ensor (1983).
Jenis ketiga dari dukungan sosial adalah informasi bahwa seorang individu memiliki kewajiban berelasi bersama dengan yang lain juga berbagi. Berbagi kisah hidup seorang individu dengan kelompok memberikan akses kepada barang pribadi, layanan, informasi, dan perlindungan bersama yang tersedia bagi anggotanya (Cobb, 1976). Hal ini juga memberikan satu rasa aman ketika berada dalam masyarakat. Fungsi lain dukungan digambarkan sebagai berbagi realitas sosial dan memiliki tantangan emosional dari orang lain yang cukup peduli untuk mempertanyakan mekanisme perlindungan diri (Ensor, 1983).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar