Alat Pelindung Telinga

Alat pelindung telinga berfungsi sebagai pelindung telinga pada saat bekerja di tempat dengan tingkat kebisingan yang tinggi, yakni lebih dari 85 dB. Selain berguna untuk mengurangi Intensitas suara yang masuk dalam telinga, alat ini juga bekerja untuk melindungi pemakainya dari bahaya percikan api atau logam panas. Ada dua macam alat pelindung telinga yaitu: Sumbat telinga (ear plug) dan Tutup telinga (ear muff).
Sumbat telinga (ear plug)
Sumbat telinga dapat dibuat dari kapas, malam, karet atau sintetik dan plastik. Menurut cara pemakaiannya dibedakan menjadi sumbat telinga yang hanya menyumbat lubang telinga luar (insert type). Menurut cara penggunaannya dibedakan dispossible ear plug yaitu sumbat telinga yang digunakan untuk sekali pakai saja dan kemudian dibuang.
Sumbat telinga dari kapas dan malam hanya mempunyai daya lindng 1-12 dB dan non dispossible ear plug waktu yang digunakan untuk waktu yang lama yang terbuat dari karet atau plastik yang dicetak mempunyai daya lindung antara 25-30 dB.
  1. Keuntungan. Mudah dibawa karena ukurannya kecil, relatif lebih nyaman di tempat yang panas, tidak membatasi gerakan kepala, dipakai efektif tanpa dipengaruhi oleh pemakauan kaca mata, tutup kepala dan anting-anting. 
  2. Kerugian. Sulit untuk memonitor tenaga kerja karena pemakaiannya sukar dilhat oleh petugas, hanya dapat dipakai oleh saluran telinga yang sehat, bila tangan yang digunakan untuk memasang sumbat telinga kotor maka saluran telinga akan terkena infeksi karena iritas
Tutup Telinga (ear muff)
Tutup telinga terdiri dari 2 buah tudung, untuk telinga dapat berisi cairan atau busa yang berfungsi untuk menyerap suara.

  1. Keuntungan. Atenvasi suara oleh tutup telinganya umumnya lebih besar daripada sumbat telinga, satu ukuran tutup telinga dapat digunakan oleh beberapa orang dengan ukuran telinga berbeda, mudah dimonitor pemakainnya oleh petugas. 
  2. Kerugian. Tidak nyaman dipakai di tempat kerja yang panas, efektifitas dan kenyamanannya dipengaruhi oleh pemakaian kaca mata, dapat membatasi gerakan pada ruang kerja yang agak sempit, harganya relatif lebih mahal dari sumbat telinga.
Helmet/ enclosure 
Menutupi seluruh kepala dan digunakan untuk mengurangi maksimum 35 dBA pada 250 Hz sampai 50 dB pada frekuensi tinggi.
Syarat-syarat  alat pelindung telinga:
  1. Kecocokan;  alat pelindung telinga tidak akan me mberikan perlindungan bila tidak dapat menutupi liang telinga rapat-rapat. 
  2. Nyaman dipakai; tenaga kerja tidak akan menggunakan APD ini bila tidak nyaman dipakai. 
Merawat dan memelihara Ear Plug/Ear Muff:  
  1. Agar tetap dalam kondisi bagus, maka selalu bersihkan ear plug jika kotor dengan air hangat bila perlu dicampur dengan larutan pembunuh kuman atau jamur. 
  2. Jika ear muff / ear plug tidak dipakai, simpan di dalam tempat penyimpanan yang kering atau tidak lembab atau tempat yang telah disediakan. 
  3. Jangan sekali-kali memodifikasi ukuran dan bentuk ear plug atau ear muff yang telah disediakan (Achmadi, R.,dkk, 2008)
loading...
Share on :


Related post:


1 komentar:

paket umroh plus eropa mengatakan...

mantap gan informasinya nih, telinga emang sangat perlu dilindungi gan.....

Poskan Komentar