Tujuan Evaluasi

Tujuan evaluasi sangat penting. Evaluasi dilakukan pada beberapa kegiatan yang membutuhkan penilaian untuk melihat sejauh mana progress atau peningkatan suatu program tertentu. Evaluasi dilakukan pada bidang pendidikan, pelatihan, dan lain-lain.
Tujuan evaluasi menurut Soebagio Atmodiwirio (2005) evaluasi bertujuan untuk:
  1. Mendapatkan dan menganalisa informasi untuk mengetahui pencapaian tujuan jangka panjang dan jangka pendek. 
  2. Mengetahui pengaruh program pendidikan dan pelatihan terhadap efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas instansi peserta diklat.
Sedangkan menurut Suharsimi Arikunto (2001) “evaluasi atau penilaian dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana suatu program berhasil diterapkan”.
Dari pernyataan di atas dapat dijelaskan bahwa tujuan evaluasi adalah untuk mengukur sebuah hasil dari suatu program apakah sesuai dengan tujuan atau tidak, dan sebagai bahan masukan dan informasi dalam perancangan program pelatihan selanjutnya.
Ada empat hal yang ditekankan pada pendapat tersebut antara lain:
  1. Menunjuk pada penggunaan metode penelitian. 
  2. Menekankan pada hasil suatu program. 
  3. Penggunaan kriteria untuk menilai. 
  4. Kontribusi terhadap pengambilan keputusan dan perbaikan program pada masa yang akan datang.
Lebih lanjut Gilbert Sax dalam Zaenal Arifin (2009) menyatakan tujuan evaluasi untuk “selection, placement, diagnosis and remediation, feedback: norm-referenced and criteion-referenced interpretation, motivation and guidance of learning, program and curriculum improvment: formative and sumative evaluations, and theory development”.
Berdasarkan pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan evaluasi adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat dan objektif, informasi yang terkumpul berupa proses pelaksanaan pelatihan, hasil yang telah dicapai, dan efesiensi evaluasi itu sendiri.
Dari informasi tersebut, memiliki maksud untuk mengetahui apakah program pelatihan dilanjutkan, diperbaiki atau dihentikan. Selain itu hasil evaluasi digunakan untuk kepentingan penyusunan program pelatihan selanjutnya dan penyusunan kebijakan tentang program pelatihan.
loading...
Share on :


Related post:


1 komentar:

travel umroh 2013 mengatakan...

setuju banget gan!

Poskan Komentar