Perbedaan HRD, Personalia dan Kepegawaian

Perbedaan antara HRD, Personalia dan Kepegawaian, secara sekilas memang susah untuk dibedakan. Apalagi, ketiga istilah tersebut mengarah pada fokus yang sama, yaitu karyawan/pegawai. Untuk manajemen-manajemen lama, mereka lebih sering menggunakan istilah “Personalia”. Sedangkan untuk manajemen pemerintahan, lebih sering menggunakan “Kepegawaian”. Dan Untuk manajemen yang sedang berkembang, mereka lebih suka menyebutnya dengan “HRD”. Manajemen yang mempunyai sistem yang lebih canggih bahkan menggunakan istilah “Human Kapitol”.
Di bawah ini dijelaskan perbedaan antara HRD, Personalia, Kepegawaian, dan Human Capitol:
  1. HR Sebagai “Personalia” lebih pada pekerjaan yang lebih administratif, dan dalam menanggapi permasalahan lebih bersifat reaktif, dan minim perencanaan. Pekerjaan dilakukan secara manual dan bersifat rutinitas. 
  2. HR sebagai “HRD” dalam melaksanakan kegiatannya lebih pada development dan pekerjaan administrasi hanya kegiatan supportive. Biasanya, pelaksanaan kegiatan sehari-hari sudah menggunakan sistem untuk membantu kelancaran administrasi, seperti sistem HRIS. 
  3. HR, sebagai “Kepegawaian” hampir sama fungsinya dengan istilah “Personalia”, hanya lebih banyak digunakan di instansi-intansi pemerintah, tetapi ada juga instansi swasta yang mengggunakan istilah “kepegawaian”. 
  4. HR sebagai “Human Capitol” bercirikan HR sebagai strategic partner. Fungsi sebagai administrasi sudah di kerjakan pihak lain, dan pekerjaannya sudah berbasis komputerisasi on-line.
Perbedaan antara HRD, Personalia, Kepegawaian dan HR Human Capitol ini, lebih pada proses evolusi manajemen pada sebuah perusahaan. Perusahaan yang sedang berkembang, lebih cenderung meninggalkan istilah “Personalia” dan “Kepegawaian”, beralih menjadi HRD. Dan perusahaan yang sedang ekspansif, lebih cenderung meninggalkan istilah HRD menjadi HR Human Capitol.
loading...
Share on :


Related post:


1 komentar:

jasa sumur bor mengatakan...

saya setuju dengan menempatkan di masing2 perusahaan

Poskan Komentar