Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di SD sangat besar. Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006, ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi: Aspek kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra. Aspek kemampuan berbahasa memiliki sub aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis yang berkaitan dengan teks-teks nonsastra. Kemampuan bersastra memiliki sub aspek: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis yang berkaitan dengan teks-teks sastra” (Depdiknas, 2006).
Rumusan lain tentang tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia dikemukakan Muchlisoh (2007) bahwa: "Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar adalah berkembangnya keterampilan berbahasa yakni keterampilan berbicara, menyimak, membaca dan menulis." Guru menekankan pengembangan keterampilan menyimak.
Dalam kegiatannya guru juga mengembangkan keterampilan berbicara, membaca dan menulis secara bersama-sama. Misalnya, di dalam kelas guru memutar cerita. Semua siswa diminta untuk mendengarkan cerita tersebut karena guru ingin melatih keterampilan siswa dalam menyimak, Setelah kegiatan selesai, tentunya guru ingin mengetahui apakah siswa mampu menyimak dengan baik atau tidak, dengan menyuruh siswa menceritakan kembali melalui tulisan (aspek menulis).
Pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan untuk menggali potensi siswa dalam berbahasa. Hal ini senada dengan pendapat Santosa (2008) mengemukakan bahwa, "Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar adalah untuk menggali potensi kebahasaan siswa dan pengalaman berbahasa siswa."
Dengan demikian pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar bertujuan memberikan berbagai kecakapan berbahasa, baik dalam mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Konsekuensinya, guru harus terampil mampu mengemas dan menyajikan kegiatan dan materi Bahasa Indonesia, artinya suatu pembelajaran dapat memberikan makna sehingga siswa Sekolah Dasar dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar