Tujuan Pembangunan Ekonomi

Tujuan pembangunan ekonomi sangat penting dalam mencapai kemakmuran masyarakat. Pembangunan ekonomi selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam arti yang seluas-luasnya. Kegiatan pembangunan ekonomi selalu dipandang sebagai bagian dari usaha pembangunan secara keseluruhan yang dijalankan suatu masyarakat, tetapi kenyataannya pembangunan ekonomi hanya meliputi suatu usaha masyarakat untuk mengembangkan kegiatan ekonominya dan mempertinggi pendapatan masyarakat, sedangkan keseluruhan pembangunan itu meliputi juga usaha pembangunan sosial, politik dan budaya. 
Adapun yang menjadi tujuan pembangunan ekonomi menurut (Todaro, 1999) adalah sebagai berikut:
  1. Menciptakan keadaan yang dapat membantu pertumbuhan rasa harga diri melalui pembangunan sistem dan kelembagaan sosial dan ekonomi yang dapat mengembangka rasa harga diri dan rasa hormat terhadap kemanusian. 
  2. Mempertinggi tingkat penghidupan bangsa yaitu tingkat pendaptan dan konsumsi pangan , pelayanan kesehataqn, pendidikan dan sebagainya melalui proses pembanguan ekonomi. 
  3. Mengembangkan kebebasan untuk memilih dengan jalan memperluas rangkaian kesempatan untuk memilih misalnya keanekaragaman jenis barang konsumsi dan jasa yang tersedia. 
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar