Sistem Penilaian dalam Tes Performance

Sistem penilaian dalam tes performance memiliki sistem yang berbeda dengan tes-tes lainnya. Tes performance lebih mengacu kepada pendekatan penilaian Criterion Referenced Tes atau acuan patokan, yaitu pengukuran keberhasilan belajar yang didasarkan atas penafsiran dari tingkah laku (performance) siswa berdasarkan kriteria/standar penguasaan mutlak (relatif tetap dan berlaku untuk semua testee).
Derajat penguasaan siswa didasarkan pada tingkat tertentu yang harus dicapai, ada rentangan suatu garis dari titik „tidak menguasai sama sekali sampai pada suatu penguasaan terakhir (mutlak). Hasil belajar siswa terletak pada suatu titik penguasaan seperti ditandai oleh perbuatan (performance) yang diperlihatkan testee. Pengertian tingkat pencapaian sebagai kriteria ini tidak mutlak 100%, tetapi dapat bervariasi sesuai ketentuan yang telah ditetapkan guru sebelumnya.
Yang penting ialah tingkah laku (performance) khusus yang tersirat dalam penguasaan tersebut dapat dipergunakan untuk menerangkan tugas khusus yang dilakukan siswa sebelum siswa mencapai tahap kecakapan yang dimaksud. Sehingga nyata dan jelas mana kecakapan yang sudah dikuasai dan mana yang belum dikuasai siswa.
loading...
Share on :


Related post:


1 komentar:

tips haji mengatakan...

hmm sepertinya menarik...

Poskan Komentar