Reaksi Emosi Musik Jazz

Reaksi emosi musik jazz sangat kental. Musik jazz memberikan kesan dan perasaan nyaman dan tenang bagi para pendengarnya sehingga individu yang menyukai musik jenis ini akan menunjukkan emosi yang tenang dan stabil pula. Selain itu individu yang menyukai musik jazz bersikap lebih teliti dan berhati-hati dalam melakukan sesuatu sehingga tidak terlihat adanya masalah emosional pada mereka (Schwartz, 2003).
Tore Sognefest, seorang Master in Music dari Academy of Music melakukan penelitian pengaruh jenis musik terhadap denyut jantung. Setelah subjek penelitian diperdengarkan musik dengan irama lambat, denyut nadi subjek menurun 5 denyut per menit.
Hal ini menandakan bahwa musik dengan irama yang lembut dan lambat seperti jazz menimbulkan efek menenangkan dan memberikan efek relaksasi. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Diamond terhadap beberapa orang pekerja mengatakan bahwa musik yang sesuai dengan irama/ritme tubuh manusia seperti jazz biasanya mampu untuk meningkatkan produktivitas manusia (Pandjaitan, 2001).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar