Prinsip-Prinsip Lesson Study

Terdapat beberapa prinsip lesson study. Lesson study merupakan model pembinaan profesi pendidikan melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.
Berdasarkan pada terminologi di atas, menurut Hendayana (2009) ada 7 kata kunci dari definisi lesson study, yaitu:
  1. Pembinaan profesi 
  2. Pengkajian pembelajaran 
  3. Kolaboratif 
  4. Berkelanjutan 
  5. Kolegialitas 
  6. Mutual learning 
  7. Komunitasbelajar.
Menurut Hendayana (2009), lesson study bertujuan untuk melakukan pembinaan profesi pendidik secara berkelanjutan agar terjadi peningkatan profesionalitas pendidik secara terus-menerus.
Lebih lanjut Hendayana (2009) menyatakan bahwa pengkajian pembelajaran harus dilakukan secara terus menerus karena beberapa alasan, antara lain:
  1. Tidak ada pembelajaran yang sempurna, selalu ada celah untuk memperbaikinya 
  2. Setiap siswa memiliki hak belajar 
  3. Pembelajaran harus memperhatikan keseimbangan antara peningkatan kemampuan berpikir dan peningkatan sikap 
  4. Pembelajaran harus berpusat pada siswa.
Membangun komunitas belajar adalah membangun budaya yang memfasilitasi anggotanya untuk saling belajar, saling koreksi, saling menghargai, saling bantu, dan saling menahan ego. Membangun budaya tidak sebentar, memerlukan waktu lama. Pengkajian pembelajaran dimaksudkan untuk mencari solusi terhadap permasalahan pembelajaran agar terjadi peningkatan mutu pembelajaran terus-menerus. Objek kajian pembelajaran dapat meliputi materi ajar, metode/strategi/pendekatan pembelajaran, LKS (lembar kerja siswa), media pembelajaran, seting kelas dan assessment. Pengkajian pembelajaran dilakukan secara kolaboratif karena akan lebih banyak masukan perbaikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Prinsip kolegialitas dan mutual learning (saling belajar) diterapkan ketika implementasi lesson study. Peserta kegiatan lesson study tidak diperkenankan merasa superior (merasa paling pintar) atau imperior (merasa rendah diri), melainkan semua partisipan lesson study harus diniatkan untuk saling belajar.
Pendapat lain dikemukakan oleh Perry, Lewis, Curcio (Meyer, 2005) yang menyatakan bahwa siklus lesson study adalah sebagai berikut:
  1. Memformulasikan tujuan pembelajaran siswa 
  2. Melakukan pembelajaran atau mengobservasi pembelajaran 
  3. Merefleksikan kenyataan (data) yang dikumpulkan 
  4. Merevisi pembelajaran untuk perbaikan 
  5. Mengajarkan kembali hasil revisi pembelajaran.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar