Prinsip Dasar Asuransi

Terdapat prinsip dasar asuransi yang harus dipenuhi. Pada umumnya dalam dunia asuransi ada 5 macam prinsip dasar yang harus dipenuhi dalam  berasuransi,  yaitu  insurable  interest,  utmost  good  faith,  proximate  cause, indemnity, dan  subrogation.
Insurable interest
Bahwa jika  pihak-pihak  yang  bertanggung  jawab  dan  memiliki  kepentingan finansial  atas   sesuatu  property  tertentu  serta  jika  terjadi  kerusakan  akan menimbulkan kerugian pada  pihak tersebut maka pihak-pihak ini berhak untuk mengasuransikan propertinya.Kepentingan  untuk asuransi ini dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu karena kepemilikan,karena ikatan kontrak  dan karena adanya ikatan hukum.
Utmost good faith
Suatu tindakan  (niat  baik)  untuk  mengungkapkan  secara  akurat  dan  lengkap, semua fakta  material (material fact) mengenai sesuatu yang akan diasuransikan baik diminta maupun tidak.  Artinya adalah penanggung harus dengan jujur menerangkan  dengan  jelas  segala  sesuatu  tentang  luasnya  syarat/kondisi  dari asuransi dan tertanggung juga harus memberikan keterangan yang jelas dan benar atas objek atau kepentingan yang dipertanggungkan.
Proximate cause
Adalah suatu penyebab aktif atau penyebab utama, efisien yang menimbulkan rantaian kejadian yang menimbulkan suatu akibat tanpa adanya intervensi suatu yang mulai dan secara aktif dari sumber yang baru dan independen.
Indemnity
Suatu mekanisme dimana penanggung menyediakan kompensasi finansial dalam upayanya menempatkan tertanggung dalam posisi keuangan yang dimiliki sesaat sebelum terjadinya kerugian (KUHD pasal 252, 253 dan dipertegas dalam pasal 278).
Subrogation
Pengalihan hak tuntut dari tertanggung kepada penanggung setelah klaim dibayar.Hal ini terjadi jika kerusakan pada property yang ditanggungkan disebabkan oleh kelalaian pihak ketiga. Oleh karena pihak asuransi akan mengganti rugi untuk kerusakan tersebut dan tertanggung tetap menuntut pihak ketiga untuk bertanggung jawab dengan membayar ganti  rugi  yang  kemudian  dialihkan kepada pihak penanggung.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال