Pengertian Trust

Dalam buku intimate relationship (Miller, Perlman & Brehm, 2007), pengertian trust adalah pengharapan bahwa pasangan akan memperlakukan dengan baik dan secara terhormat (Holmes dalam Miller, Perlman & Brehm, 2007). 
Giffin (dalam Rakhmat, 1992) memberikan pengertian trust sebagai mengandalkan perilaku orang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki, yang pencapaiannya tidak pasti dan dalam situasi yang penuh resiko. 
Holmes & Rempel (dalam Hendrik & Hendrik,1992) menyatakan bahwa trust adalah kepercayaan bahwa pasangan tidak hanya akan responsif tetapi akan berkali-kali mengurangi atau bahkan mengorbankan minatnya untuk membantu pasangannya.
Menurut Johnson & Johnson (1997), trust merupakan aspek dalam suatu hubungan dan secara terus menerus berubah serta bervariasi yang dibangun melalui rangkaian tindakan trusting dan trustworthy. Trusting adalah kemauan untuk mengambil resiko terhadap akibat yang baik ataupun buruk, sedangkan trustworthy adalah perilaku yang melibatkan penerimaan terhadap kepercayaan orang lain.
Dari beberapa pengertian di atas dapat di ambil suatu definisi bahwa trust adalah kepercayaan pada pasangan yang didasarkan pada kemauan untuk mengambil resiko terhadap akibat baik atau buruk dan menerima kepercayaan dari pasangan.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar