Pengertian Tajuk Subjek

Pengertian tajuk subjek menurut (Trimo, 1989) adalah “suatu kata atau beberapa kata yang dipergunakan untuk melukiskan isi dari pada suatu buku ataupun topik”. Topik subjek dapat disebut dengan Subject Heading, merupakan deskriptor yang dibentuk dari kata tunggal maupun majemuk dipilih dari teks dokumen yang berguna untuk memberikan penjelasan tentang deskripsi isi dari dokumen sampai kepada unsur ketepatan yang paling dalam.
Ada beberapa alat temu balik informasi yang diketahui termasuk salah-satunya katalog subjek. Katalog subjek merupakan alat temu kembali informasi di perpustakaan jika si pencari informasi di perpustakaan belum mengetahui pengarang maupun judul bahan pustaka yang dicarinya. Oleh sebab itu katalog subjek merupakan salah satu sarana penting dalam penemuan kembali informasi.
Subjek dapat didefinisikan sebagai topik yang dibicarakan dalam satu karya atau suatu disiplin ilmu yang terkandung dalam suatu karya. Sehingga tajuk subjek dapat diartikan kata, istilah atau frasa yang digunakan pada katalog atau daftar lain di dalam perpustakaan untuk menyatakan tema atau topik suatu bahan pustaka (Daftar Tajuk Subjek Untuk Perpustakaan, 1992). Suatu entri subjek adalah entri katalog dengan topik subjek merupakan sebagai media penyusun.
Sebelum penentuan tajuk subjek dari suatu dokumen terlebih dahulu mengadakan analisis terhadap dokumen atau suatu karya. Kegiatan ini disebut dengan istilah analisis subjek. Penentuan tajuk subjek disebut juga dengan pengindeksan yang menghasilkan deskripsi indeks (Index Description) yang merupakan deskripsi ringkas mengenai isi dokumen, oleh karena itu semua tahap dalam pengindeksan subjek dipengaruhi oleh analisis subjek.
Dalam pengindeksan dokumen, yang mengindeks harus mengetahui apa dokumen tersebut baik secara umum ataupun khusus. Oleh sebab itu pengindeks harus memiliki pengetahuan mengenai sifat, struktur dan hubungan yang terdapat diantara bidang-bidang pengetahuan.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar