Pengertian Persahabatan

Pengertian persahabatan menurut Auhagen (dalam Fraser & Burchell, 2004), adalah hubungan dyadic, personal dan informal, dimana melibatkan hubungan timbal balik dan adanya saling ketertarikan, yang disengaja, bertahan lama dan positif, dan tidak melibatkan seksualitas.
Menurut Corsini (2002), persahabatan adalah hubungan antara dua orang yang dikarakteristikkan dengan saling ketertarikan dan kerjasama, yang mana di dalamnya tidak terdapat ketertarikan seksual. Selanjutnya menurut Fehr (dalam Brehm, 2002), bahwa persahabatan adalah hubungan yang sifatnya personal dan suka rela, hubungan ini menyediakan keintiman dan bantuan (pertolongan), yang mana dua pihak suka satu sama lain.
Basow (1992) menambahkan bahwa di dalam persahabatan terdapat kepedulian, biasanya saling berbalasan (reciprocity), saling menguntungkan, ada rasa percaya, loyalitas, dan kebutuhan.
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulka pengertian persahabatan adalah hubungan antara dua orang atau lebih, yang sifatnya personal dan informal, dan dikarakteristikkan dengan adanya saling ketertarikan, keintiman, kepedulian, dan juga rasa percaya, serta tidak melibatkan seksualitas.   
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar