Pengertian Penyalahgunaan Zat

Pengertian penyalahgunaan zat adalah suatu perilaku mengkonsumsi atau menggunakan zat-zat tertentu yang dapat mengakibatkan bahaya pada diri sendiri maupun orang lain. Menurut DSM, peyalahgunaan zat melibatkan pola penggunaan berulang yang menghasilkan konsekuensi yang merusak. Konsekuensi yang merusak bisa termasuk kegagalan untuk memenuhi tanggung jawab utama seseorang (misalnya: sebagai pelajar, sebagai pekerja, atau sebagai orang tua), menempatkan diri dalam situasi di mana penggunaan zat secara fisik berbahaya (contoh mencampur minuman dan penggunaan obat), berhadapan dengan masalah hukum berulang kali yang meningkat karena penggunaan obat. Memiliki masalah sosial atau interpersonal yang kerap muncul karena pengunaan zat (contoh: berkelahi karena mabuk) (Greene, Rhatus dan Nevid, 2003).
Menurut Sarafino (2006) dalam kata “drug” memiliki pengertian berbagai macam zat, termasuk obat yang prescription atau nonprescription yang dikonsumsi individu dalam tubuh mereka.
Istilah yang berasal dari terjemahan asing seperti substace abuse dan substance dependence dikalangan awam dikenal dengan istilah narkoba yang merupakan singkatan dari narkotika dan obat berbahaya.
Ada istilah lain yaitu NAPZA yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif. Berbagai istilah yang sering digunakan tidak jarang menimbulkan salah pengertian tidak saja dikalangan medis tapi juga masyarakat awam (Hawari 2005). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan istilah narkoba.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar