Pengertian Manajemen Arsip

Secara umum, pengertian manajemen arsip adalah suatu proses kegiatan dimana sebuah organisasi mengelola semua aspek arsip baik yang diciptakan maupun yang diterimanya dalam berbagai format dan jenis media yang digunakan, mulai dari penciptaan, pengunaan, penyimpanan, sampai dengan penyusutan.
Menurut Wursanto (1991) “kearsipan merupakan salah satu macam  pekerjaan kantor atau pekerjaan tata usaha, baik badan usaha pemerintah maupun badan usaha swasta, kearsipan menyangkut pekerjaan yang  berhubungan dengan penyimpanan warkat atau surat-surat dan dokumen-  dokumen kantor lainnya.
Selanjutnya Menurut Ricks (1992) “manajemen kearsipan merupakan  sistem tersendiri yang mencakup keseluruhan aktivitas dan daur hidup  arsip (life cycle of a records)”.   
Sedangkan Menurut Amsyah (1992) “pekerjaan pengurusan arsip yang  meliputi pencatatan, pengendalian dan pendistribusian, penyimpanan,  pemeliharaan, pengawasan, pemindahan dan pemusnahan. Jadi pekerjaan  tersebut meliputi suatu siklus “kehidupan” warkat sejak lahir sampai  mati”.  
Dari uraian di atas dapat dinyatakan bahwa manajemen arsip merupakan pendekatan terhadap sistem penciptaan sampai kepada sistem pemusnahan arsip dalam suatu organisasi yang dilakukan secara permanen dan dapat menjadi sumber daya informasi.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar