Pengertian Ibu Hamil

Pengertian ibu hamil (Gravida) adalah wanita yang sedang hamil. Keadaan kesehatan ibu hamil sangat memepengaruhi kehidupan janin. Untuk melahirkan bayi yang sehat ibu hamil harus mempunyai kesehatan yang optimal.
Menurut Dorland (2002) pengertian wanita hamil (Gravida) adalah salah satu komponen dari status paritas yang sering dituliskan dengan notasi G-P-Ab, di mana G menyatakan jumlah kehamilan (gestasi), P menyatakan jumlah paritas, dan Ab menyatakan jumlah abortus.
Menurut Manuaba (1998) Gravida terbagi atas dua bagian yaitu:
  1. Primigaravida adalah wanita yang hamil untuk pertama kalinya. Ciri–cirinya adalah payudara tegang, puting susu runcing, perut tegang menonjol, striase livide, perineum utuh, vulva menonjol, hymen perforatus, vagina sempit, dengan rugae, portio runcing dan tertutup. 
  2. Multigravida adalah wanita yang pernah hamil dan melahirkan bayi cukup bulan. Ciri–cirinya adalah payudara lembek dan bekas dan menggantung, puting susu tumpul, perut lembek dan menggantung, striase livide dan ablikan, perineum terdapat bekas robekan, vulva terbuka, karunkulemirtiformis, vagina longgar tanpa rugae, portio tumpul dan terbagi dalam bibir depan–belakang.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar