Pelayanan Dokter Keluarga

Pelayanan dokter keluarga adalah spesialisasi kedokteran yang menyediakan layanan kedokteran komprehensif dan kontinyu bagi individu dan keluarga. Penyelia kesehatan yang berperan dalam pelayanan dokter keluarga adalah dokter keluarga yaitu dokter yang dididik dan dilatih ilmu kedokteran keluarga yang meliputi berbagai kelas kekhususan.
The World Organization of Family Doctors mendefinisikan dokter keluarga sebagai dokter yang tanggung jawab utamanya menyediakan pelayanan komprehensif kepada semua orang yang membutuhkan dan mengkoordinasikan penyelia kesehatan lain jika dibutuhkan.
Dokter keluarga juga berfungsi sebagai dokter umum yang menerima siapapun yang membutuhkan tanpa terikat batasan klinis tertentu. Dengan demikian pelayanan dokter keluarga dapat diberikan oleh dokter praktik umum, dokter praktik bersama, klinik dokter keluarga, dan praktik dokter keluarga di rumah sakit.
Pelayanan dokter keluarga berusaha mencapai derajat kesehatan setinggi- tingginya yang diutamakan pada pencegahan penyakit melalui upaya promosi, proteksi spesifik, diagnosis dan pengobatan awal, limitasi disabilitas serta rehabilitasi.
Pada tiap tahapan tersebut pelayanan dokter keluarga memiliki beberapa keunggulan misalnya pelayanan berkualitas, efektivitas biaya pelayanan, dan pelayanan yang komprehensif.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar