Jenis-jenis Tajuk Subjek

Terdapat beberapa jenis tajuk subjek. Menurut J. Tairas (1985), jenis-jenis tajuk subjek adalah sebagai berikut:
Tajuk Utama (Main Heading) 
  1. Kata benda sebagai subjek. Jenis subjek yang paling sederhana adalah yang terdiri atas satu kata benda, ada kalanya dua kata benda dihubungkan dengan kata “dan” ditentukan sebagai subjek. 
  2. Tajuk Ajektif. Sering kali subjek-subjek ditanyakan dalam bentuk frase adjektif, yang terdiri atas kata benda dan diikuti kata sifat. Contoh: Anggaran Moneter; Binatang Langaka; Hukum Adminitratif; Doktrin Monroe; Masalah Cina; Bank Sentral; dan sebagainya. 
  3. Tajuk Frase. Tajuk frase adalah tajuk yang dibentuk oleh dua kata benda yang digabungkan atau tidak dihubungkan dengan kata depan.
  4. Tajuk Gabungan. Suatu tajuk gabungan dibentuk oleh dua atau lebih unsur yang sederajat, dihubungkan dengan kata penghubung “dan”. 
  5. Tajuk bentuk kombinasi. Dalam bentuk tajuk frase dan tajuk gabungan kadang perlu mengadakan kombinasi-kombinasi tertentu. 
  6. Tajuk yang dibalik. Dalam satu dua hal tajuk yang terdiri atas dua atau lebih kata-kata atau istilah-istilah perlu diadakan perbalikan.
Alasan perbalikan:
  • Anggapan bahwa para pembaca akan mencari melalui istilah dasar, biasanya kata benda atai inti dari subjek bersangkutan. Contoh: BEDAH, AHLI; INFORMASI, PUSAT. 
  • Menempatkan istilah atau kata yang mempunyai arti luas di depan untuk mengumpulkan bersama semua aspek dari subjek yang luas itu, bila hal itu dikehendaki.
Tajuk tambahan (Sub-headings) 
  1. Subdivisi menurut bentuk. 
  2. Subdivisi menurut tempat geografis. 
  3. Subdivisi menurut waktu. 
  4. Subdivisi menurut topik atau aspek khusus.
Menurut Ward dalam (Hasugian, 1999) Pengolahan data fisik sebuah buku dikenal dengan nama pengatalogan atau katalogisasi. Untuk melakukan kegiatan ini diperlukan peraturan agar ada keseragaman.
Pengatalogan berhubungan erat dengan kegiatan penentuan subjek dokumen, yang mempunyai 2 (dua) jenis tajuk subjek, antara lain:
LCSH (Library of Conggres Subject Heading).
Pada mulanya daftar ini digunakan hanya untuk kepentingan Library of Conggress di Amerika Serikat pada tahun 1898, tetapi perkembangannya kemudian menunjukkan bahwa perpustakaan lainnya perlu menggunkannya. Bahkan beberapa penerbit turut menggunakannya untuk menentukan heading dalam alat-alat bibliografinya. Demikan pula daftar ini banyak digunakan di perpustakaan yang sedang berkembang. Lama-lama dengan sendirinya subject heading tersebut disesuaikan terus dengan kebutuhan.
LCSH ini adalah daftar tajuk subjek yang paling konprehensif di banding yang lainnya. LCSH digunakan dan dikembangkan oleh Library of Conggress (Perpustakaan Parlemen USA) sejak tahun 1897 sampai sekarang, dan yang terbaru ini adalah edisi ke-23 yang terbit pada tahun 1999 bulan Desember dan digunakan pada tahun 2000. Jumlah entri yang terdapat didalamnya 251.300 istilah untuk tajuk subjek. LCSH dikembangkan untuk perpustakaan yang besar koleksinya. Karena istilah di dalamnya sangat spesifik atau khusus. Susunannya sangat teknis sehingga lebih rumit di banding dengan lainnya. LCSH dapat digunakan bersama-sama dengan bagan klasifikasi DDC. Dengan demikian suatu perpustakaan boleh menggunakan 2 (dua) peralatan yang berbeda untuk merumuskan bahasa indeks dokumen, sehingga di dalam penggunaan LCSH mempunyai petunjuk untuk mengetahui sistem istilah subjek, sebagai berikut:
User For (UF)
Merupakan istilah yang digunakan untuk istilah-istilah yang ada dibawahnya, sebagai contoh dibawah ini:
Bowling alleys
UF: Alleys, Bowling
Bowling lanes
Lanes, Bowling
Maka salah satu bahasa di atas dapat diambil menjadi subjek yang sesuai dengan dokumen yang dibahas.
Narrow Term (NT)
Merupakan istilah yang lebih kecil atau istilah yang lebih spesifik artinya di dalam menentukan subjek diambil kata yang paling khusus, sebagai contoh di bawah ini:
Pengataloger (Kataloging)
NT: Classification
Description
Subject indexus
Access point
Maka kata yang diambil menjadi subjek bukan pengataloger melainkan salah satu dari kata di atas.
Broader Term
Menunjukkan istilah bagian suatu ilmu yang lebih luas, sebagai contoh seperti di bawah ini:
Bowie Group
BT: Geology, Straigrafich-Pennsylvanian
Geology, Straigrafich-Permian
Groups (Straigraphy)-Texas
Scope Notes (SN)
Menunjukkan istilah itu mencakup perincian atau ruang lingkup, sebagai contoh :
Chemistry
SN: Mencakup Ilmu Kimia
Proses Kimia
Uji Coba Kimia
Analisis Kimia
Laboratorium Kimia
Rilend Term (RT)
Menunjukkan istilah yang berhubungan tetapi tidak sama, contoh :
Bowman Family
RT: Baugh Family
Bowers Family
Search List
Nama lengkap dari daftar ini adalah Sears List of subject Heading for Small Libraries, mula-mula diterbitkan pada tahun 1923 bentuknya lebih sederhana yang berukuran 30 kali lebih kecil dari LCSH dan pada tahun 1953 menerbitkan edisi ke-8. Biasanya Search List digunkan untuk perpustakaan kecil, perpustakaan sekolah dan kala terbitnya tidak beraturan yang jumlahnya koleksinya 50.000 buku. Bagi perpustakaan perguruan tinggi Search List tidak dipergunakan karena apabila ingin mempergunakannya harus mempertimbangkan daya gunanya. Banyak hal yang perlu mendapatkan tambahan dan perubahan.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar